FE Unissula Memenangkan Akreditasi Internasional ABEST21

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Program Studi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah menorehkan prestasi membanggakan. Pada April 2021 ini, prodi mendapatkan akreditasi internasional dari Aliansi Pendidikan Bisnis dan Beasiswa untuk Masa Depan, Organisasi Abad ke-21 (ABEST21).

Dekan FE Unissula, Prof Olivia Fachrrunnisa mengungkapkan, pencapaian akreditasi tersebut kembali menegaskan dan membuktikan bahwa kualitas dan manajemen kedua prodi tersebut telah mendapat pengakuan internasional.

“Selain itu juga dinilai memiliki daya saing di era globalisasi teknologi, sosial, ekonomi, budaya, dan akselerasi teknologi informasi,” jelasnya dalam keterangan pers kepada Jakarta, Selasa. Republika.co.id, di Semarang, Selasa (6/4).

Olivia juga menyampaikan Program Studi Manajemen dan Akuntansi (S1) FE Unissula telah terakreditasi A oleh BAN-PT selama beberapa periode. Sehingga seluruh pemangku kepentingan Unissula melihat perlunya mendapatkan pengakuan di tingkat internasional.

Salah satunya adalah proses akreditasi yang diselenggarakan oleh lembaga internasional yang berkedudukan di Jepang. “Proses memperoleh status terakreditasi ini merupakan proses yang cukup panjang dan berliku, namun pada akhirnya kami mendapatkan banyak manfaat dari proses tersebut,” lanjutnya.

Misalnya pembenahan internal dilakukan untuk memenuhi standar kurikulum dan layanan akademik agar menjadi Fakultas Ekonomi yang berkelas dan berstandar internasional.

Lebih lanjut ia menyampaikan, momentum memperoleh akreditasi internasional ABEST21 bukanlah tujuan akhir perjalanan FE Unissula selama ini. Lebih dari itu, itu adalah upaya sistematis untuk selalu dilakukan perbaikan terus menerus (pengembangan berkelanjutan).

Selain itu, keanggotaan (keanggotaan) FE Unissula bersama badan akreditasi internasional ini juga sudah dirintis sejak tahun 2018 lalu. Jadi, pencapaian ini sekaligus menjadi tahapan pertama dari tiga tahapan inti lainnya hingga akhirnya dilakukan visitasi oleh Tim Akreditasi ABEST21.

Ketiga tahap tersebut adalah kelayakan (ikuti tes kelayakan), sistem peningkatan kualitas (QIS) atau peningkatan kualitas sistematis, dan laporan cek mandiri (SCR) atau menyerahkan dokumen laporan evaluasi diri.

Artinya, prosesnya memakan waktu lima tahun mulai dari pendaftaran keanggotaan, proses seleksi, visitasi, hingga tahap pengumuman. “Dari proses yang panjang ini akhirnya Program Studi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unissula memperoleh akreditasi internasional ABEST21 untuk pertama kalinya pada April 2021,” kata Olivia.

Ia juga menegaskan, perolehan akreditasi ini berarti apa yang diupayakan FE Unissula untuk menghasilkan generasi khaira ummah yang berwawasan global dan menjunjung tinggi kearifan lokal telah mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Selain itu, proses belajar mengajar dan penjaminan kualitas kurikulum dan hasil belajar telah setara dengan program studi lain di seluruh dunia.

Program Studi Sarjana Manajemen dan Akuntansi memiliki orientasi untuk berkreasi Ilmuwan bisnis Islam, pekerja profesional bisnis Islam, dan Pengusaha digital Islami sebagai bagian dari generasi khaira ummah.

“Yakni generasi terbaik yang mampu menjadi khalifatullah fil ardh dengan mengemban tugas menyejahterakan kehidupan dan kemaslahatan umat di muka bumi, ”lanjutnya.

Ia juga menegaskan lulusan FE Unissula memiliki kemampuan digital untuk menjadi professional atau building scientist dan praktisi bisnis bisnis dimulai yang berwawasan global dan berkarakter islami dengan lima nilai inti.

Yakni karakter Kerjasama, Kepemimpinan, Inovatif, Keadilan, dan karakter Amanah, yang kemudian disebut singkatan ‘Choolifah’.

“Sehingga melalui akreditasi ini diharapkan semakin memperluas dakwah dan niat kita untuk mempersiapkan generasi-generasi tangguh yang berwawasan global dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatannya,” ujarnya.


Source