Fitur Zaid bin Tsabit | Republika Online

Zaid bin Tsabit seorang anak yang pandai dan pandai.

REPUBLIKA.CO.ID, Zaid bin Tsabit adalah anak yang cerdas dan pandai. Kepercayaan terhadap risalah yang dibawa oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wassalam begitu besar bahkan di usia yang masih belia. Tak heran, Zaid kecil begitu heboh melihat perjuangan kaum muslimin.

Sebagai seorang anak, Zaid membawa pedang yang melebihi tinggi tubuhnya. Dia ingin bergabung dengan Nabi Muhammad dalam Pertempuran Badar. Rasulullah senang dan takjub melihat arwah Zaid. Namun, dia menolak memasukkan Zaid ke dalam perang. Usianya yang masih muda itulah yang menjadi pertimbangan Nabi dalam menolak keinginan Zaid.

Zaid tidak berkecil hati. Ia memiliki saluran lain untuk mendukung perjuangan Nabi Muhammad. Wahai Rasulullah, ini putra kami Zaid bin Thabit, ia telah hafal 17 surat Alquran. Selain itu, ia pandai membaca dan menulis bahasa Arab. Tulisannya indah, bacaannya lancar. Ia ingin melayanimu dengan ketrampilan yang dimilikinya, dan ingin menemani kalian juga. Selalu. Jika berkenan silahkan dengarkan bacaannya, “ujar Nuwar binti Malik, ibunda Zaid kepada Nabi.

Rasulullah juga mendengarkan Zaid membacakan beberapa ayat suci Alqura. Bacaannya bagus, benar, dan lancar. Kalimat-kalimat dalam Alquran tampak berkelap-kelip di bibirnya. Bacaan itu berpengaruh dan mudah diingat. Rasulullah sangat senang dengan apa yang dilihatnya. Beralih ke Rasulullah di Zaid. “Hai Zaid, belajar bahasa Ibrani (Ibrani). Saya sangat tidak percaya mereka, jika saya didiktekan sebagai sekretaris saya,” kata Rasulullah.

“Siap ya Rasulullah,” kata Zaid sigap.




Source