Forum Solidaritas Kemanusiaan Minta Pejabat Jangan Manfaatkan Penderitaan Rakyat Selama Pandemi

    TRIBUNNEWS.COM – Koordinator Nasional Forum Solidaritas Kemanusiaan (FSK) Sudirman Said meminta pejabat publik tidak memanfaatkan penderitaan rakyat di masa pandemi ini.

    Sudirman mencontohkan kejadian yang sempat menjadi polemik yang melibatkan Bupati Jember, Jawa Timur yang diketahui mendapat honorarium dari pemakaman warga yang meninggal akibat COVID-19.

    “Ini bukan masalah legal atau illegal, tapi soal menjunjung tinggi etika dan moral.

    Bisa jadi pembayaran honorarium memang ada aturannya dan ada anggarannya. Meski dikabarkan sudah dikembalikan ke kas daerah, niat ini masih dipertanyakan apakah pantas dan wajar pejabat publik menerima uang sebesar itu dari urusan yang membuat rakyat banyak menderita. Sebaiknya jangan coba-coba melakukan hal seperti itu oleh pejabat lain,” kata Sudirman di Jakarta, Minggu (29/8/2021).

    Tokoh Kemanusiaan ini menegaskan honorarium dari pemakaman Covid-19 mungkin memang ada sesuai aturan.

    Namun, rasa solidaritas dan kemanusiaan tampaknya terluka dalam masalah ini.

    Baca juga: Polemik Bupati Jember, KPK Tanggapi Hingga Berita Dana Pemakaman Covid Kembali

    Baca juga: Bendahara BPBD Jember Diperiksa Soal Penghormatan Pemakaman Covid-19 Bagi Pejabat

    Menurutnya, moral dan etika bersifat sangat personal, sehingga sangat bergantung pada sistem nilai yang dianut oleh masing-masing individu.

    Ilustrasi virus corona (https://www.freepik.com/)

    Meski begitu, dalam situasi krisis saat ini, moral dan etika harus dikedepankan.

    “Sikap kita dalam menghadapi situasi tergantung pada sistem nilai kita. Ada yang tidak bermoral: semuanya diperbolehkan tanpa aturan. Ada yang legalistik, selama ada aturan, bisa dilakukan, meskipun itu melanggar prinsip kepatutan dan etika. Tapi ada juga yang menjunjung etika dan moral: meski secara hukum ada aturannya, tidak serta merta dilakukan,” ujarnya.

    Sudirman mengingatkan bahwa pejabat publik harus menjadi panutan di masyarakat dengan menempatkan etika dan kepatutan sebagai pedoman untuk nilai-nilai tertinggi.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/30/forum-solidaritas-kemanusiaan-minta-pejabat-tak-manfaatkan-penderitaan-rakyat-saat-pandemi