FP3 GP Inggris Milik Jack Miller, Valentino Rossi P7

    Temperatur trek yang dingin cukup menyulitkan para pembalap di FP 3 GP Inggris.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jack Miller menjadi pebalap tercepat dari tiga sesi latihan bebas GP Inggris di Sirkuit Silverstone berkat catatan waktu yang ia catatkan di FP3 pada Sabtu (28/8) pagi waktu setempat. Dalam sepuluh menit terakhir, para pembalap mulai melakukan serangan waktu dan Jack Miller menjadi pembalap pertama yang mengalahkan rekor terbaik Fabio Quartararo di dua sesi latihan sebelumnya dengan selisih 1 menit 59,288 detik.

    Temperatur lintasan yang cukup dingin membuat para pembalap kesulitan memperbaiki catatan waktunya. Beberapa di antaranya bahkan terjatuh karena kurang cengkeraman pada ban. Juara GP Inggris 2019 Alex Rins dari tim Suzuki terjatuh di Tikungan 12 dengan tiga menit tersisa, disusul oleh pembalap tim Repsol Honda Pol Espargaro.

    Sementara pemuncak klasemen Quartararo juga sempat tumbang sebelum mencatatkan waktu terbaiknya di FP2. Pembalap Yamaha itu terkilir kakinya, tapi itu tidak mengganggunya di atas motor.

    Namun, El Diablo tidak mampu lebih cepat dari rekor yang dibuatnya di FP2 dan menduduki peringkat kedua dalam waktu gabungan dari tiga latihan. Pembalap Aprilia Aleix Espargaro berada di tempat ketiga dalam rekor gabungan, diikuti oleh rookie tim Pramac Racing Jorge Martin dan Francesco Bagnaia dari Ducati.

    Meski mengalami kecelakaan, rekor Pol Espargaro bertahan di P6 dan Valentino Rossi membuat kejutan tercepat ketujuh dalam balapan perpisahannya dengan Silverstone sebelum pensiun akhir tahun ini.

    Juara MotoGP musim lalu Joan Mir, Brad Binder dan Marc Marquez merebut tiga tiket terakhir ke Q2 setelah menyelesaikan sepuluh besar waktu putaran gabungan. Sedangkan Johann Zarco dan Alex Rins harus melalui Q1 terlebih dahulu setelah menjalani FP3 yang sangat ketat dimana selisih catatan 14 pebalap teratas terpaut kurang dari satu detik.

    MotoGP kembali digelar di Silverstone sebagai seri ke-12 dalam kalender setelah Grand Prix Inggris tahun lalu dibatalkan karena pandemi Covid-19. Pada awal musim tidak ada pembalap Inggris yang berlomba di kelas utama, tetapi di Silverstone akhir pekan ini setidaknya dua pembalap tuan rumah memiliki kesempatan untuk tampil di depan fans mereka.

    Menyusul kepergian Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha di pertengahan musim, Cal Crutchlow akan mengenakan seragam tim Monster Energy Yamaha sebagai tandem Quartararo di Silverstone. Kemudian pembalap Moto2 Jake Dixon berkesempatan debut di MotoGP bersama tim Petronas Yamaha SRT. Dia akan mengendarai motor M1 spek 2019 Morbidelli akhir pekan ini. Dixon jatuh di FP3 dan finis ke-21.

    Quartararo tiba di Inggris dengan keunggulan 47 poin sebagai pemimpin klasemen atas penantang terdekatnya, yaitu Francesco Bagnaia dari tim Ducati dan Joan Mir dari tim Suzuki. Sementara itu, Johann Zarco terlempar ke posisi keempat setelah hasil kurang memuaskan di Austria.

    Marc Marquez masih memegang rekor lap dan pole position di Silverstone. Juara dunia delapan kali itu masih belum pulih dari cedera lengan dan bahu musim ini. Pembalap Spanyol itu terlibat dalam duel klasik dengan rekan senegaranya Alex Rins di Silverstone 2019, tetapi Rins mencuri kemenangan di tikungan terakhir untuk finis, menjadi salah satu finis terketat dalam sejarah MotoGP.

    Lorenzo Savadori mengundurkan diri dari GP Inggris menyusul kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya fit usai menjalani operasi. Pembalap Aprilia itu mengalami cedera engkel setelah terlibat kecelakaan dengan pebalap KTM Dani Pedrosa di Grand Prix Styria.

    Sepuluh pembalap yang lolos ke Q2

    1 Tim Ducati Jack Miller (GP21)

    2 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)

    3 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP)

    4 Jorge Martin Pramac Ducati (GP21)*

    5 Francesco Bagnaia Tim Ducati (GP21)

    6 Pol Espargaro Repsol Honda (RC213V)

    7 Valentino Rossi Petronas Yamaha (YZR-M1)

    8 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR)

    9 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)

    10 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V)

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qyjrvy348/fp3-gp-inggris-milik-jack-miller-valentino-rossi-p7