Gagal di Le Mans, Suzuki Siap Bangkit di Mugello

    Ini hari yang berat bagi Suzuki karena kedua pembalap kami gagal mengamankan poin

    REPUBLIKA.CO.ID, LE MANS – Tim Suzuki Ecstar mengambil pelajaran berharga dari hasil mengecewakan di Grand Prix Prancis, Le Mans, Minggu (16/5), dan berharap bisa bangkit pada balapan MotoGP berikutnya di Sirkuit Mugello. Italia dalam dua minggu ke depan.

    Balapan seri kelima di Sirkuit Bugatti hari itu menjadi salah satu balapan paling tidak terduga dan dramatis musim ini setelah cuaca ekstrem menyelimuti seluruh akhir pekan di mana kedua pebalap Suzuki gagal finis.

    “Ini hari yang berat bagi Suzuki karena kedua pembalap kami gagal mengamankan poin,” kata manajer teknik Ken Kawauchi.

    “Biasanya trek ini bukan yang terbaik untuk kami, dan terlepas dari hasil hari ini, performa kami sebenarnya meningkat cukup banyak dibandingkan tahun lalu dan kami merasa lebih baik di sini.

    “Jadi, ada hal positif yang bisa diambil dari situasi ini.

    “Mugello adalah pemberhentian berikutnya, dan dengan tendangan sudut cepat dan bagian teknisnya, dia adalah sirkuit di mana kami merasa cukup percaya diri.”

    Duo Joan Mir dan Alex Rins hanya mampu mengamankan P14 dan P15 setelah penampilan buruk di latihan bebas dan babak kualifikasi.

    Pada hari perlombaan, direktur perlombaan menyatakan balapan kering sebelum start meski mendung dan seluruh tim menyiapkan sepeda motor cadangan dengan ban basah untuk mengantisipasi kondisi flag-to-flag.

    Rins dan Mir telah menyenggol tiga dan delapan besar sebelum hujan di lap keempat.

    Sial bagi juara dunia bertahan itu saat terjatuh sebelum sempat masuk pit, begitu pula rekan setimnya di Suzuki Alex Rins yang terpeleset di lintasan yang mulai basah.

    “Hari ini adalah pengalaman bendera-ke-bendera pertama saya, jadi saya akan belajar dari apa yang terjadi.

    “Meski begitu, saya merasa baik dan memiliki potensi besar, dan bahkan dalam pemanasan saya merasa kuat.

    “Tapi ini perlombaan dan terkadang hasilnya tidak cocok. Saya akan tetap tenang dan bersiap untuk Mugello.”

    Rins dapat melanjutkan balapan meskipun pertarungannya berakhir sebelum waktunya karena terjatuh lagi di paruh kedua balapan.

    Jelas saya kecewa tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa, saya lega memiliki kecepatan yang kuat di trek kering dan bergegas naik podium dengan cepat.

    “Saya akan terus bekerja dan menantikan balapan berikutnya.”

    sumber: antara




    Source