Ganjar Minta Percepatan Vaksinasi di Lima Kabupaten

    REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lima kabupaten yang capaiannya selama ini masih rendah.

    “Brebes, Cilacap, Banjarnegara, Magelang, Purbalingga, tolong dipercepat vaksinnya. Pokoknya besok-besok bisa selesai,” ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Kantor Gubernur Jawa Tengah di Semarang, Selasa (21/9).

    Berdasarkan data yang diterima Ganjar, cakupan vaksinasi di beberapa daerah masih kurang, seperti di Kabupaten Cilacap yaitu vaksinasi dosis pertama hanya 20,19 persen dan dosis kedua 11,50 persen, Kabupaten Brebes dimana vaksinasi dosis pertama 20,50. persen dan vaksinasi dosis kedua 9,26 persen.

    Selain percepatan vaksinasi, Ganjar juga mengingatkan pemerintah daerah agar disiplin dalam memasukkan data dalam aplikasi pelaporan. “Tugasmu ‘panjenengan’ (kamu) belanjakan, jadi kita yang minta ke Kemenkes juga ‘percaya diri’ (confident) dan ternyata bisa kita belanjakan,” ujarnya.

    Cakupan vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah saat ini 34,92 persen atau sekitar 10 juta orang untuk dosis pertama. Untuk dosis kedua, cakupan vaksin mencapai 18,07 persen atau sekitar 5,1 juta orang, sedangkan dosis ketiga untuk tenaga kesehatan mencapai 70,82 persen atau sekitar 116.000 tenaga kesehatan.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qzs25x354/ganjar-minta-percepatan-vaksinasi-di-lima-kabupaten