Ganjar: Seluruh Rest Area Jawa Tengah akan diawasi polisi

    Pemeriksaan usap antigen dan area isolasi juga disiapkan untuk inspeksi lapangan.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Pemprov Jateng telah mengoordinasikan persiapan pencegahan mudik Lebaran tahun 2021. Salah satunya dengan berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas Polri dan Polda Jateng pada mengamankan poin. khususnya, khususnya tempat istirahat.

    “Semua rest area (di Jawa Tengah) dalam pengawasan polisi melibatkan seluruh Polres di Jawa Tengah, rest area diawasi oleh polisi,” kata Ganjar dalam Webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan tema ‘Stop Going Home! Press Down the Covid-19 Rate ‘, Rabu (28/4).

    Ia mengungkapkan, Pemprov Jateng juga mendukung persiapan pemeriksaan usap antigen, tempat isolasi untuk pemeriksaan lapangan. Selain itu, untuk mengantisipasi mudik dini di Jateng, Pemprov bekerja sama dengan Polri memantau patroli jalur masuk Jateng mulai 1 Mei di 14 titik.

    “Tanggal 1 Mei kita lakukan patroli di pintu masuk Jateng ada 14 titik, kemudian posko penyekat di delapan titik masuk Jateng, lalu ketiga bagi yang sudah pulang, optimalisasi PPKM mikro jogo tonggo, sudah dilakukan, “kata Ganjar.

    Ganjar mengatakan, meski berbagai upaya telah dilakukan, yang terpenting adalah kesadaran masyarakat. Menurutnya, persoalan saat ini bukanlah siapa dan banyaknya penduduk yang terisolir, melainkan jangan sampai perpindahan penduduk dari kota ke kampung halaman membawa penyakit.

    “Ingat jangan sampai kita pulang, bawa penyakit, jangan biarkan India masuk ke kita, lekuk dalam diri kita sudah bagus, terus turun, saya sebut saja selesai lho, tapi kalau kita tidak disiplin hari ini , bukan tidak mungkin. Kami kembali lagi, padahal kami sudah ingin menyelesaikannya, ”ucapnya.




    Source