Gejala Diabetes Tipe 2 Bisa Terlihat di Kulit

    Acanthosis nigricans adalah tanda coklat yang muncul di sisi leher atau ketiak.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — American Diabetes Association menyebut orang yang memiliki kadar gula darah tinggi cenderung lebih rentan terhadap infeksi bakteri, infeksi jamur, dan kulit gatal. Selain itu, ada kondisi tertentu yang eksklusif untuk diabetes.

    Apakah Anda menunjukkan tanda-tanda akantosis nigrikans? Tanda apa itu?

    Dilaporkan di halaman cepat pada Minggu (12/9), acanthosis nigricans adalah tanda berwarna cokelat yang muncul di bagian samping leher, ketiak, atau selangkangan. Kadang-kadang, lesi ini dapat terlihat di tangan, siku, atau lutut dan tanda-tanda ini berkembang ketika seseorang sangat kelebihan berat badan.

    “Diabetes dapat menyebabkan perubahan pada pembuluh darah kecil,” jelas American Diabetes Association.

    Perubahan ini dapat menyebabkan masalah kulit yang disebut dermopati diabetik. Muncul sebagai bercak coklat muda, bersisik, dalam bentuk oval atau melingkar, mereka dapat disalahartikan sebagai bintik-bintik penuaan. Ini terutama benar karena lesi tidak terasa sakit, gatal, atau terbuka seperti luka.

    Bila Anda mencarinya, lesi seperti itu sering muncul di bagian depan kedua kaki. Meski dianggap sebagai kondisi kulit yang “tidak berbahaya”, gula darah tinggi sendiri bisa menjadi kondisi kesehatan yang sangat berbahaya.

    Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mendapatkan diagnosis sesegera mungkin, dan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. “Penyakit lain yang mungkin disebabkan oleh perubahan vaskular adalah necrobiosis lipoidica diabetesorum (NLD),” kata organisasi tersebut.

    NLD menyebabkan bintik-bintik yang mirip dengan dermopati diabetik, tetapi lebih sedikit, lebih besar, dan lebih dalam. Ini sering dimulai sebagai area kusam, merah, terangkat, lesi berubah menjadi bekas luka mengkilap dengan batas ungu.

    Vena menjadi lebih mudah terlihat di bawah kulit, dan NLD bisa menjadi gatal dan nyeri, terkadang bintik-bintik akan terbuka. Setelah luka terbuka berkembang, sangat penting untuk membuat janji dengan dokter sesegera mungkin.

    Komunitas diabetes global menunjukkan tanda-tanda peringatan gula darah tinggi lainnya, termasuk merasa sangat haus, harus sering ke toilet, mulut kering, merasa lelah atau lesu, merasa tidak nyaman, dan mudah tersinggung. Salah satu cara terbaik untuk menurunkan gula darah tinggi adalah dengan bergerak seperti berjalan. Olahraga berat, di sisi lain, dapat meningkatkan gula darah karena tubuh menghasilkan respons stres.

    Ini juga akan membantu untuk minum lebih banyak air ketika kadar gula darah tinggi, membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan glukosa ekstra. Penting juga untuk merenungkan berapa banyak gula yang Anda konsumsi dalam diet Anda, sesuaikan ini jika perlu.



    https://www.republika.co.id/berita/qzb5ec425/gejala-diabetes-tipe-2-bisa-terlihat-di-kulit