George W Bush Menyerukan AS untuk Bersatu Melawan Ekstremis Domestik

    Ada bukti bahwa bahaya dari tindakan semacam ini terjadi di dalam negeri.

    REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Mantan presiden AS George W Bush mengatakan Amerika harus bersatu menghadapi aksi ekstremis yang terjadi di dalam negeri. Dia mengatakan ada bukti bahwa bahaya tindakan semacam ini terjadi di dalam negeri.

    “Ada sedikit tumpang tindih budaya antara ekstremis kekerasan di luar negeri dan di dalam negeri. Tetapi menghina pluralisme, ketidakpedulian terhadap kehidupan manusia, dan penodaan simbol nasional, mereka adalah roh jahat yang sama,” kata Bush dalam pidato yang menandai peringatan 20 tahun peristiwa 11 September di Shanksville, Pennsylvania. Waktu Hindustan, Minggu (12/9).

    Dalam kesempatan itu, Bush juga mengkritisi kerusuhan di Capitol pada 6 Januari lalu. Menurutnya, insiden yang terjadi tidak mencerminkan demokrasi yang dijunjung Amerika.

    Sementara itu, pada hari yang sama, peringatan 9/11 juga digelar di Lower Manhattan dan National September 11th Memorial. Presiden AS Joe Biden Nadir di Lower Manhattan, bersama mantan presiden Barack Obama dan Bill Clinton.

    Serangan teror 9/11 menewaskan hampir 3.000 orang. Setiap tahun diadakan peringatan, dengan salah satu tradisinya adalah anggota keluarga korban membacakan nama seluruh kerabat pada Peringatan Nasional 11 September sebagai bentuk penghormatan.



    https://www.republika.co.id/berita/qzazlh487/george-w-bush-ajak-as-bersatu-hadapi-ekstremis-dalam-negeri