GoTo Ajak UMKM Tampil Lebih Dominan di Pasar Lokal

    Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perusahaan teknologi GoTo Group mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia untuk menjadi pemain utama di pasar lokal.

    Komisaris GoTo Wishnutama Kusubandio menjelaskan, Indonesia merupakan pasar terbesar kedua di dunia di luar China dan Amerika. Oleh karena itu, potensi pasar di Indonesia sangat besar.

    “UMKM harus bisa memanfaatkan peluang dan potensi pasar ini. GoTo berperan dalam percepatan ini, mulai dari pembinaan hingga memfasilitasi go-digital,” kata Wishnutama, Jumat (1/10/2021).

    “Sekali lagi, peluang besar ini harus dimanfaatkan agar pelaku usaha Indonesia tidak hanya menjadi pasar, tetapi juga tuan rumah di negaranya sendiri,” jelasnya.

    Chief Executive Officer (CEO) dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, ada tantangan yang harus dihadapi para UMKM ini serta pedagang asing dan pandemi.

    Baca juga: Selain membuat pembayaran lebih praktis, QRIS juga bisa menjadi entry point bagi UKM untuk mengakses permodalan

    Ia mengatakan GoTo memiliki tanggung jawab yang besar dan harus terus hadir untuk bangkit bersama.

    Menurutnya, pendekatan yang dilakukan GoTo sangat hyperlocal, terutama dalam hal menghubungkan pengusaha lokal dengan konsumen lokal sehingga semakin banyak pengusaha lokal yang bisa go digital.

    Baca juga: BI dan BukuWarung Ajak UMKM Kelas Up dengan Dukungan QRIS

    “Solusi yang kami hadirkan selalu dilandasi semangat untuk mengatasi permasalahan di daerah agar UMKM lokal selalu bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kami berbisnis dengan hati nurani,” kata William.

    “Strategi kami di GoTo adalah mengoptimalkan yang terbaik untuk mitra dan UMKM kami. Kami percaya jika kami memberikan yang terbaik untuk mitra, bisnis pasti akan tumbuh sejalan, ”katanya.

    GoTo, tambah William, memilih untuk tidak membuka platform untuk pedagang dari luar negeri. Ini merupakan bentuk perlindungan GoTo terhadap UMKM Indonesia.



    https://www.tribunnews.com/techno/2021/10/01/goto-ajak-umkm-tampil-lebih-dominan-di-pasar-lokal