Gubernur Kalsel Syukuri Wisuda Generasi Penghafal Al-Qur’an

    Para penghafal Alquran di Banua Kalimantan Selatan diharapkan bisa menjadi penerus para ulama.

    REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA — Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin bersyukur generasi penghafal Al-Qur’an di daerahnya meningkat lagi seiring dengan bertambahnya usia.
    wisuda Tahfiz Qur’an.

    Demikian disampaikan Paman Birin saat menghadiri wisuda Mustawa 9 angkatan IX Tahun Pelajaran 2020-2021 Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al-Qur’an di Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al-Qur’an Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis (30/ 9).

    Gubernur Sahbirin Noor mengatakan keaslian Alquran adalah dengan menghafalnya. Menghafal Al-Qur’an memiliki banyak manfaat dalam kehidupan, terutama menumbuhkan kecerdasan spiritual, ketenangan pikiran dan kedekatan dengan Allah SWT.

    Ia juga sekali lagi mengucapkan terima kasih atas peningkatan jumlah penghafal Al-Qur’an di Banua, Kalimantan Selatan. Paman Birin berharap mereka yang lulus atau yang sedang menempuh pendidikan di madrasah ini bisa menjadi kebanggaan orang tuanya, lebih dari itu diharapkan menjadi generasi penerus Alim Ulama.

    “Mudah-mudahan mereka menjadi generasi ulama selanjutnya, sehingga bangsa kita bisa terus memiliki ulama dari generasi ke generasi,” harapnya.

    Gubernur Kalsel berpesan kepada para siswa untuk terus belajar, belajar, dan menuntut ilmu, serta berbakti kepada orang tua. Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada para orang tua yang menyekolahkan anaknya di pondok pesantren, termasuk madrasah tahfizh ini.

    “Dengan menyekolahkan mereka berarti orang tua akan mewariskan ilmu kepada anak-anaknya. Warisan ilmu akan lebih baik dari pada warisan harta, karena dengan ilmu kita akan bisa meraih kesuksesan di dunia dan akhirat, ” kata Paman Birin.

    Paman Birin juga menyampaikan bahwa Pemprov Kalsel akan memperhatikan dan membantu perkembangan dan kemajuan Madrasah Darussalam Tahfizh dan Ilmu Al-Qur’an. Paman Birin juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi dan seluruh wisudawan.

    Selain itu, gubernur juga berkesempatan menguji langsung para santri dengan membacakan ayat-ayat Alquran secara acak yang kemudian dilanjutkan oleh para santri.

    Turut mendampingi Gubernur Kalsel, Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar, Kepala BPBD Kalsel Mujiyat, dan Pj Kepala Biro Adpim R Suria Fadliansyah. Sementara itu, Kepala Madrasah Darussalam Tahfiz dan Al-Qur’an KH Muhammad Wildan Salman (Guru Wildan) menyampaikan rasa syukur dan bangga atas kehadiran Gubernur Kalsel pada acara wisuda Mustawa 9 angkatan IX tahun 2020-2021. tahun Madrasah Darussalam Hafizh dan Martapura Ilmu Al-Qur’an.

    “Kehadiran Pak Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, semoga dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para mahasiswa untuk terus menuntut ilmu, menimba ilmu, sehingga orang tua dan ummat bisa bangga,” dia berkata.

    Guru Wildan juga memaparkan sejarah singkat kelulusan Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al-Qur’an Martapura yang hingga saat ini telah meluluskan lebih dari 600 hafiz Al-Qur’an.



    https://www.republika.co.id/berita/r08udw423/gubernur-kalsel-bersyukur-generasi-penghafal-alquran-wisuda