Gubernur Kalteng Tinjau Lokasi Banjir di Katingan

    Meminta KPD untuk memastikan semua bantuan tepat sasaran

    REPUBLIKA.CO.ID, KATINGAN — Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran mengunjungi posko pengungsian korban banjir di Desa Telangka, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalimantan Tengah), Senin (7/9) dini hari.

    Gubernur didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah (KPD) Provinsi Kalimantan Tengah. “Kedatangan saya dan rombongan di sini untuk memastikan penanganan masyarakat terdampak banjir, mulai dari proses evakuasi, pendampingan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda pengungsi dikelola dengan baik,” kata Sugianto Sabran.

    Gubernur dan rombongan berkeliling melihat posko pengungsian, posyandu, dapur umum, dan tempat penjernihan air. Sugianto ingin memastikan evakuasi dan bantuan yang diberikan kepada warga terdampak banjir berjalan lancar. Ia meminta Pemerintah Provinsi Kalteng yakni Kepala Perangkat Daerah membantu korban banjir dan memastikan semua bantuan tepat sasaran.

    Di tengah peninjauan, Gubernur langsung berbincang dengan masyarakat. Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu memberikan bantuan pribadi berupa uang tunai kepada masyarakat di posko pengungsi Desa Telangka.

    Usai meninjau posko-posko pengungsian banjir di Desa Telangka, Gubernur bersama seluruh rombongan melanjutkan peninjauan posko banjir di Posko Kereng Pangi dan Desa Banut Kalanaman Katingan.

    Hal yang sama juga dilakukan Gubernur, mulai dari mengecek sarana dan prasarana di posko hingga menyempatkan diri menemui para pengungsi untuk memberikan dukungan moril.

    Menurut Gubernur, banjir di Katingan cukup tinggi, sehingga bantuan Pemprov Kalteng akan segera disalurkan berdasarkan pemetaan yang cermat. .

    Sugianto juga berpesan kepada warga untuk tetap bersabar menghadapi cobaan bencana ini, dan mengingatkan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dalam kunjungan ke sejumlah lokasi banjir, Gubernur menyerahkan bantuan kepada korban banjir di posko berupa beras, paket sembako, vitamin, obat-obatan dan bantuan pribadi Gubernur berupa uang tunai.



    https://www.republika.co.id/berita/qz21hr380/gubernur-kalteng-tinjau-lokasi-banjir-di-katingan