Gunung Kidul Gencar Penaburan Benih di Puluhan Danau

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta sedang mengintensifkan penebaran benih ikan di telagadas guna mewujudkan ketahanan pangan masyarakat pada saat pandemi COVID-19, khususnya pemenuhan kebutuhan protein hewani.

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengatakan kegiatan pendistribusian benih ikan tidak hanya sebagai upaya menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat saat terjadi pandemi, tetapi juga sebagai bagian dari pelibatan pemerintah kabupaten untuk memotivasi minat masyarakat dalam budidaya ikan. terutama air tawar. “Diharapkan keberadaan sumber air telaga ini bisa dimanfaatkan masyarakat dalam budidaya ikan, sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan warga,” ujarnya.

Dikatakannya, di Gunung Kidul terdapat puluhan kolam yang bisa ditanami bibit ikan. Selama Maret dan April, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul bersama DPRD Gunung Kidul telah melakukan penyemaian benih ikan di delapan tambak termasuk Telaga Jurangjero dan Telaga Wangsor di Kecamatan Panggang.

“Kami akan menyebarkan benih ikan ke seluruh danau yang berpotensi untuk budidaya ikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa pemberdayaan masyarakat tentunya membutuhkan sinergi dari semua pihak, tidak hanya bertumpu pada pemerintah. Kegiatan seperti itu akan terus dilakukan di beberapa daerah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam kegiatan ini kami memberikan bantuan stimulan pemberdayaan masyarakat untuk pembangunan infrastruktur yang diberikan oleh perbankan di Gunung Kidul,” ujarnya.

Ketua DPRD Endah Subekti Kuntariningsih mendukung penuh program penaburan benih ikan di danau. Program penaburan benih ini juga merupakan bagian dari usulan anggota DPRD Gunung Kidul untuk mengajak masyarakat membudidayakan ikan agar dapat memenuhi kebutuhan protein keluarga.

“Kami berharap masyarakat semakin termotivasi untuk memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan proteinnya dengan cara membudidayakan ikan. Dalam jangka panjang produknya bisa dijual, sehingga menjadi penghasilan keluarga,” ujarnya.


Source