Hadapi Pandemi, Sleman Terus Perkuat Bantuan UMKM

    REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN – Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengatakan UMKM memang merupakan struktur perekonomian terkuat di tengah kondisi perekonomian yang penuh ketidakpastian. Apalagi, kondisi akibat pandemi seperti sekarang ini.

    “Apalagi UMKM bisa menjadi alternatif pendapatan di tengah pandemi saat ini,” kata Danang dalam lokakarya UMKM di Balai Kalurahan Sambirejo, Selasa (6/4).

    Untuk itu, tegasnya, Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus berupaya memberdayakan UMKM melalui pendampingan. Salah satunya adalah Pojok UMKM, Pusat Layanan Bisnis Terpadu (PLUT), berbagai pelatihan, bantuan permodalan dan lain-lain.

    Ia meminta kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku UMKM untuk bertukar wawasan dan pengalaman dalam mengembangkan bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan kekuatan tinggi. Penting untuk memangkas proses pembelajaran untuk menjalankan bisnis.

    Selain itu, ia berharap, temu kelompok UMKM dapat menjadi sarana edukasi pengelola UMKM agar lebih peduli. Baik untuk mengelola maupun memanfaatkan teknologi informasi dalam rangka mengembangkan bisnisnya.

    “Dengan memanfaatkan teknologi informasi memberikan peluang bagi UMKM di Kabupaten Sleman untuk membuka akses pasar yang lebih luas,” kata Danang.

    Camat Sambirejo Wahyu Nugroho mengapresiasi kunjungan Wakil Bupati Sleman ke workshop tersebut. Dengan kehadirannya tersebut, ia berharap dapat memberikan semangat dan motivasi bagi mereka untuk memajukan UMKM di Kabupaten Sleman dan DIY.

    “Di Desa Sambirejo sendiri sudah ada beberapa UMKM yang sudah berjalan. Mulai dari jamu, batik rerumputan, kuliner keripik sayur dan UMKM kuliner yang sudah ada di obyek wisata Tebing Breksi,” kata Wahyu.


    Source