Hajar Soton, Liverpool Meriahkan Kehutanan Big Four Zone

Liverpool kini naik ke peringkat enam klasemen.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL – Liverpool meraih kemenangan meyakinkan atas Southampton di Liga Primer Inggris. Armada The Reds unggul 2-0 atas The Saints di Stadion Anfield, Minggu (9/5) WIB. Dengan demikian rival sekota Everton itu terus meramaikan tiket ke zona empat besar.

Kedua tim langsung tampil agresif sejak awal pertandingan. Tampaknya kamp tamu berani memberikan tekanan.

Hanya saja, anak asuh Ralph Hasenhuttl belum menunjukkan skema serangan yang efektif. Perlahan tapi pasti, tuan rumah terus mengejar ketertinggalan.

Di menit ke-10, The Reds nyaris memimpin. Sadio Mane memiliki ruang tembak di depan kotak penalti lawan, saat Trent Alexander-Arnold mengopernya. Tendangan mane, melambung dari sasaran.

Setelah itu, terjadi banyak perebutan bola di lini tengah. Di menit ke-19, Liverpool kembali mendapatkan peluang emas. Kali ini melalui Mohamed Salah.

Eks pemain AS Roma itu gagal menaklukkan kiper The Saints, Fraser Forster dari jarak dekat. Angka-angka di papan skor, belum berubah.

The Reds terus menebar ancaman. Pada menit ke-25, giliran Diogo Jota yang berkreasi di kotak penalti Southampton. Sayang, tendangan keras Jota bisa ditepis oleh Forster.

Liverpool semakin parah. Dua menit kemudian, sundulan Georgino Wijnaldum membentur mistar gawang lawan.

Kamp Soton tidak tinggal diam. Berawal dari serangan balik, pada menit ke-30 Theo Walcott mengirimkan umpan terukur kepada Che Adams.

Beruntung bagi tuan rumah. Alisson Becker mampu menangkis tembakan Adams dan Nathan Redmond.

Semenit kemudian, The Reds akhirnya memimpin. Sebuah umpan silang Salah disambut Mane dengan sundulan, membuat jala Southampton bergetar.

Liverpool tidak mengendurkan tekanan. Beberapa menit kemudian, Salah, Jota dan Thiago Alcantara nyaris menambah keunggulan tuan rumah.

Southampton sesekali menebar ancaman. Pada menit ke-44, sundulan Nathan Tella nyaris membuat jala The Kop bergetar. Sekali lagi Alisson menjadi penyelamat.

Di sisa waktu tidak ada perubahan berarti. Skor 1-0 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, The Reds langsung tancap gas. Pada menit ke-50, Jota membuat Forster bekerja keras menyelamatkan gawangnya agar tidak kebobolan.

Tujuh menit kemudian, The Saints mendapatkan tendangan bebas. James Ward-Prowse yang menjadi algojo mengirim bola ke pertahanan Merseyde Merah.

Dengan sigap, Alisson mengantisipasi ancaman yang datang. Kiper Liverpool masih perawan.

Pada menit ke-68, pemain pengganti Southampton Michael Obafemi hampir menyamakan kedudukan. Usai menerima bola terobosan Adams, ia gagal menaklukkan Alisson dari jarak dekat.

Seolah mendapatkan udara segar, kamp tamu terus melakukan tekanan. Ibrahima Diallo, melepaskan tembakan tepat sasaran, beberapa menit kemudian.

Lagi-lagi Alisson berperan sebagai penyelamat Liverpool. Memasuki menit ke-75, The Reds mencoba kembali menguasai permainan. Hanya saja, tekanan Southampton membuat kru The Reds kesulitan untuk menemukan kenyamanan dalam melakukan passing di lini tengah.

Empat menit kemudian, Klopp menarik Jota. Sebagai gantinya, dia memasukkan Roberto Firmino.

Pada menit ke-81, Mane membobol gawang Soton. Namun yang bersangkutan berada dalam posisi offside saat menyambut crossing Andrew Robertson.

Sembilan menit berselang, Thiago akhirnya membuat jarak Liverpool semakin jauh. Usai menerima umpan matang Firmino, mantan pemain Bayern Munich itu melepaskan tembakan keras dan mengoyak gawang Forster.

Anak asuh Juergen Klopp menarik napas lega. Skor 2-0 untuk tuan rumah bertahan hingga pertandingan usai. Hasil tersebut membuat The Reds naik ke peringkat enam klasemen.

Dengan koleksi 57 poin, Liverpool terpaut enam poin dari penghuni klasemen keempat, Leicester City.




Source