Hamdi Muluk: Bung Hatta Contoh Amalan Pancasila Yang Lengkap

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Prof. Dr. Hamdi Muluk memandang Bung Hatta sebagai sosok yang sukses dan lengkap dalam banyak hal.

    Selain sebagai proklamator bangsa, Hatta dikenal sebagai aktivis, birokrat, negarawan, diplomat, keturunan ulama di Minangkabau, serta doktor di bidang ekonomi dari universitas terkemuka di Belanda.

    “Bagus sekali. Waktu itu SD susah, tapi dia membawa gelar doktor dari sekolah ekonomi bergengsi. Saya kira hanya satu hal yang dia gagal. Menjadi ketua partai,” kata Hamdi Muluk, Minggu (15/8/ 2021).

    Prof.Dr. Hamdi Muluk, pakar psikologi politik dan guru besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, menjadi narasumber dalam talkshow “Pekan Bung Hatta” yang dibawakan oleh Felly Tifani, seorang aktivis nasional.

    Pada episode kali ini, BKNP PDI-P mengangkat tema Mata Air Inspirasi Bung Hatta, dimana episode ini akan merangkum berbagai inspirasi dari sosok Bung Hatta sebagai penutup kegiatan “Pekan Bung Hatta”.

    Selama sepekan (9-15 Agustus 2021), Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI-P akan menayangkan video talkshow membahas Bung Hatta dalam berbagai perspektif, disiarkan di Channel Youtube PDI-P BKNP setiap pukul 16.30 WIB.

    Menurut Hamdi Muluk, di balik keistimewaan seorang tokoh besar seperti Bung Hatta, tentu ada aspek psikologis dan karakter kuat yang harus menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia.

    Hatta memiliki integritas yang terbentuk secara perlahan sejak kecil sebagai hasil didikan orang tua dan gurunya.

    “Apa yang Anda katakan dan apa yang Anda lakukan sejalan, dari situlah kata integral, integritas, integratif berasal. Jadi sekarang ujian integritas seseorang adalah ketika kata dan tindakan sejalan,” kata guru besar psikologi Universitas Indonesia itu.

    Hamdi Muluk mengungkapkan bahwa integritas adalah sesuatu yang terbentuk secara perlahan dan memiliki banyak aspek seperti kejujuran, amanah, moralitas, kesederhanaan dll. Jika ada seseorang yang memiliki benih integritas, harus diuji dengan perjalanan panjang.

    Baca juga: Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Berikut Teks Proklamasi yang Ditandatangani oleh Soekarno-Hatta



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/16/hamdi-muluk-bung-hatta-adalah-contoh-pengamalan-pancasila-yang-sudah-paripurna