Hancur Akibat Pandemi, Bali Kini Mencari Sumber Ekonomi Kreatif Lain Di Luar Pariwisata

    Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Bali kini belajar dari kasus Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun, pandemi ini menghancurkan industri pariwisata di daerahnya.

    Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Tjok Ace mengatakan, Bali saat ini sedang menjajaki potensi di luar pariwisata. Misalnya di sektor pertanian, kerajinan tangan, atau industri rumah tangga lainnya.

    Tjok Ace menjelaskan pentingnya para pelaku pariwisata memanfaatkan digitalisasi untuk bertahan di tengah pandemi. Meski secara fisik konsumen tidak hadir di pulau Bali, perekonomian tetap bisa berjalan berkat hadirnya internet.

    “Transaksi bisa dilakukan meski pembeli tidak berada di Bali, dengan platform (digital) mereka bisa memilih produk yang diinginkan dengan harga yang terjangkau,” ujar Tjok Ace saat membuka The 2nd Planet Tourism Indonesia 2021, “Beyond Recovery, Menuju Keberlanjutan”, Rabu (22/9).

    Baca juga: Ketua DPR: Wisatawan ‘Balas dendam’ Jangan Abaikan Prokes

    Tjok Ace mencontohkan program Beli Bali yang merupakan kerja sama antara Provinsi Bali dan Jawa Barat telah memberikan hasil yang positif. Sementara itu, kata Tjok Ace, pariwisata berkelanjutan perlu dikembangkan di Bali.

    Baca juga: Menparekraf Sandiaga Isyarat Pembukaan Pembatasan Wisatawan Asing Awal Oktober

    Yakni dengan menjaga sumber daya manusia, alam dan menjamin kesejahteraan masyarakat Bali.

    Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Lembang ala Eropa, Cocok untuk Berburu Spot Foto Instagramable

    “Pariwisata dan Bali seperti dua sisi mata uang, tidak bisa dipisahkan. Pariwisata berkontribusi besar terhadap PDB Bali,” katanya.

    Menurutnya, keberlangsungan pariwisata tidak lepas dari kesejahteraan masyarakat Bali. Sebab, jika diabaikan akan menimbulkan krisis sosial dan kecemburuan. Berdampak pada jaminan keberlanjutan pariwisata di Bali.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/09/23/hancur-oleh-pandemi-bali-kini-cari-sumber-ekonomi-kreatif-lain-di-luar-pariwisata