Henderson Beri Dukungan kepada Pemilik Liverpool

John W Henry telah meminta maaf kepada fans Liverpool atas keterlibatannya di ESL.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL – Gelandang sekaligus kapten Liverpool, Jordan Henderson, memberikan dukungan kepada pemilik Liverpool, John W. Henry. Menurut gelandang Inggris tersebut, hal yang benar dilakukan Henry dengan menyampaikan permintaan maaf kepada suporter The Reds setelah keterlibatan Liverpool dalam pembentukan European Super League (ESL).

Liverpool adalah satu dari enam tim Inggris yang terlibat dalam pembentukan ESL. Selain enam klub asal Inggris, tiga klub asal Italia dan tiga klub asal Spanyol juga ikut memprakarsai terbentuknya pertandingan turnamen Liga Champions tersebut.

Namun, setelah mendapat penolakan dari berbagai pihak, terutama kelompok suporter dan Pemerintah Inggris, Liverpool bersama lima klub Inggris lainnya mengundurkan diri dari proyek ESL. Meski begitu, polemik ESL tidak berhenti sampai di situ, setidaknya yang terjadi di Inggris.

Dewan Direksi dan pemilik enam klub telah berada di bawah pengawasan ketat. Para pemilik klub dinilai mengutamakan kepentingan bisnis, menyeimbangkan nilai dan tradisi yang telah dibangun di klub tersebut.

Bahkan, suporter Arsenal menginginkan Stan Kroenke sebagai pemilik klub melepas klub London Utara tersebut. Bahkan bersama Support Group Tottenham Hotspur, mereka berharap jajaran direksi klub yang diketuai Daniel Levy segera mundur.

Sedangkan dari Liverpool, bentuk protes hanya sebatas spanduk serta spanduk yang dipasang di area Stadion Anfield, mengkritisi langkah Fenway Sports Group (FSG) sebagai induk perusahaan milik John W Henry yang membawahi Liverpool. Meski begitu, kata Henderson, hal yang benar dilakukan Henry dengan menyampaikan permintaan maaf kepada suporter Liverpool pasca keterlibatan The Reds pasca polemik rencana pembentukan ESL.

Gelandang berusia 30 tahun itu pun menilai FSG masih cukup layak untuk terus memimpin klub ini, meski ada kesalahan dalam keterlibatannya di ESL.

“Sangat bagus bahwa Liverpool telah mengundurkan diri dan konsepnya gagal. Itu sangat bagus untuk sepak bola. Selain itu, langkah John W Henry untuk menyatakan permintaan maafnya benar. Orang mungkin tidak setuju dengan saya dalam hal ini, tapi saya pikir pemilik saat ini “ Ini telah melakukan banyak hal baik untuk Liverpool. Penilaian ini didasarkan pada interaksi saya dengan pemilik klub ketika saya masih menjadi pemain dan kapten di tim ini, ” ucap Henderson seperti diberitakan. Sky Sports, Sabtu (24/4).

Eks gelandang Sunderland itu pun berharap semua polemik ESL yang sempat sedikit merusak hubungan suporter dan pemilik klub, harus segera diakhiri. Momen ini, kata Henderson, harus menjadi momen untuk meningkatkan keterikatan antara suporter dan klub.

“Yang terpenting saat ini, terutama bagi tim dan pemilik, adalah menjaga hubungan baik dengan suporter. Kami harus menjaga hubungan baik ini, yang terbukti menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan klub ini selama ini. beberapa tahun terakhir. Pemiliknya telah melakukan hal-hal hebat untuk klub ini. dan saya yakin mereka akan terus melakukan hal-hal baik untuk klub ini, ” kata Henderson.




Source