Hidup; MU vs Villarreal berlanjut ke adu penalti

    Kedua tim masih sama kuatnya, 1-1.

    REPUBLIKA.CO.ID, GDANSK – Manchester United dan Villarreal bermain imbang 1-1 dalam 90 menit waktu normal pada final Liga Europa di Stadion Energa, Gdansk, Polandia, Kamis (26/5) dini hari WIB. Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Di perpanjangan waktu, tidak ada lagi gol, jadi mereka harus melakukan adu penalti.

    Manchester United mendominasi penguasaan bola di lima menit pertama sejak pertandingan dimulai. Hingga menit ke-7 McTominay mendapat peluang di tepi kotak Villarreal saat menerima umpan dari Rashford dan langsung melepaskan tembakan, namun usaha pertamanya masih meleset dari sasaran.

    Pada menit ke-11 Greenwood menerima umpan dari Pogba di sisi kanan kotak Villarreal, namun Capoue memblok gawang untuk menyebrang ke tengah gawang hingga bola keluar dari permainan.

    Villarreal memberikan ancaman pertama mereka di menit ke-14 dari tendangan sudut. Trigueros memiliki kesempatan untuk menyelesaikan sebuah bola liar yang memantul di jalurnya, tapi tendangan setengah voli Trigueros masih menyundulnya.

    Pada menit ke-20, Wan-Bissaka mengumpan dari kanan ke tengah gawang Villarreal, namun dua pemain MU termasuk Shaw yang diinterupsi bek Villarreal kalah dalam duel udara.

    Villarreal sebenarnya berhasil mencetak gol pertama pada menit ke-29 melalui tendangan bebas usai melakukan pelanggaran Cavani di jarak 23 meter. Parejo memberikan umpan ke tengah kotak yang diselesaikan oleh Moreno dengan sontekan kaki kanan ke kiri gawang.

    MU bermain lebih agresif mengejar ketertinggalan mereka. Pada menit ke-36 McTominay mencoba membuka peluang dengan berlari menggiring bola ke sayap kanan. Ia yang disela Parejo hanya bisa mengirimkan umpan silangnya ke atas mistar gawang.

    Pada menit ke-41 Cavani mencoba mengirim bola ke Fernandes di sayap kanan, namun Villarreal memenangkan duel tersebut ketika Pedraza memaksa pemain Portugal itu untuk menembak bola melewati garis untuk dijadikan tendangan gawang. Skor bertahan 1-0 hingga turun minum.

    Di babak kedua, gawang MU langsung terancam di menit ke-48 saat Pedraza mengirimkan umpan silang dari sayap kiri yang mengarah ke Bacca. Namun, Setan Merah berhasil menghalau bola dari mulut gawang sebelum bisa menerkam Spanyol.

    United berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Cavani pada menit ke-55 sekaligus memanfaatkan kemelut di depan gawang setelah tembakan McTominay diblok oleh Torres dan Cavani melihat Rulli masih terjatuh saat mencoba membaca arah bola. Skor berubah 1-1 setelah wasit memastikan Cavani dalam posisi onside.

    The Red Devils melancarkan serangan intens ke kancah pertahanan Villarreal. Pada menit ke-62, Wan-Bissaka mengirimkan umpan lambung jarak jauh ke lini Rashford. Namun Rulli sigap meninggalkan posisinya untuk menghentikan usaha Rashford.

    Selanjutnya Fernandes mengirimkan umpan silang rendah ke dalam kotak penalti dan bola mengenai Torres. Cavani mengonfirmasi bahwa itu mengenai tangannya, tetapi wasit menolak permintaan penalti. Sesaat kemudian, peluang McTominay di tepi kotak penalti diblok.

    Rashford merasa lega ketika melewatkan peluang emas di depan gawang saat menerima umpan dari Fernandes, wasit telah mengibarkan bendera offside. Fernandes menempatkan bola di atas piring untuknya dengan umpan silang yang rendah dan tepat, tetapi pemain Portugal itu sudah offside.

    Sesaat kemudian, di menit ke-71, peluang emas Cavani digagalkan oleh Torres yang melakukan pemblokiran vital di kotak enam yard untuk mencegah sundulan Cavani membobol gawang. Pemain Uruguay itu bangkit untuk menerima umpan silang kaki kanan Shaw ke gawang, tetapi pemain Villarreal itu berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

    Pada menit ke-79, McTominay melewati dua pemain bertahan di saluran kanan dalam dan melepaskan umpan silang rendah ke tiang dekat. Cavani mencoba melepaskan tembakan berani, tetapi Albiol dan penyerang memblokir tembakannya sehingga menghasilkan sepak pojok.

    Pogba gagal mengarahkan bola ke gawang dengan sundulan setelah menerima umpan dari Shaw di sayap kiri pada menit ke-89. Sundulan Pogba melintas di atas mistar gawang. Perpanjangan waktu tiga menit tidak cukup untuk menentukan pemenang pertandingan di waktu normal.



    https://www.republika.co.id/berita/qtqh9o456/emliveem-mu-vs-villarreal-berlanjut-ke-adu-penalti