Hujan Lebat, Tebing Vila di Cisarua Longsor

    Tebing di viila yang jatuh di atas empat rumah.

    REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Tebing di sebuah vila di Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, longsor dan menimpa empat rumah warga. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (11/4) sore sekitar pukul 14.30 WIB saat hujan deras melanda kawasan Puncak.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko menjelaskan, sedikitnya empat Kepala Keluarga (KK) terdampak peristiwa tersebut. “Pada Minggu (11/4) terjadi hujan deras yang menyebabkan tebing vila longsor dan menghantam empat rumah. Saat ini sudah 19 orang mengungsi,” kata Aris. Republika.co.id, Minggu (11/4) malam.

    Pasca kejadian, lanjut Aris, warga sekitar bersama RT / RW setempat dan staf Desa Citeko membantu mengevakuasi korban ke aula Madrasah Al-Taqwa. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. “Tidak ada korban jiwa, tapi korban materinya masih dihitung,” ucapnya.

    Secara terpisah, Camat Cisarua, Deni Humaedi, mengatakan 19 warga terdampak dievakuasi ke madrasah dan rumah kerabatnya. Hingga saat ini, belum dapat diperkirakan berapa besar kerugian materiil dari kejadian tersebut.

    Hanya saja, lanjutnya, kerusakan empat rumah terdampak berupa kerusakan ringan dan sedang. Deni mengatakan, Senin (12/4), pemilik vila yang merupakan warga Jakarta itu akan datang untuk berdiskusi dengan warga terdampak.

    “Ada yang dapur, ada yang di ruang makan. Tapi tidak benar-benar runtuh. Jadi mungkin rusak ringan dan sedang. Senin, pemilik vila datang berdiskusi untuk melakukan perbaikan, ”ucapnya.

    Lebih lanjut, kata Deni, pemerintah kecamatan telah memberikan bantuan kepada warga terdampak. Terutama air mineral dan makanan bayi.

    Apalagi, lanjut Deni, salah satu warga terdampak mengalami syok dan luka ringan. Pasalnya, saat longsor terjadi, warga sedang berada di rumah bersama suaminya. “Jadi ada warga yang mungkin syok dan luka ringan, tapi langsung dibawa ke bidan untuk berobat,” ucapnya.




    Source