Hyundai Kembangkan Hidrogen Supercar Tercepat di Dunia

Supercar bebas emisi ini akan hadir dengan bobot sekitar 1,5 ton.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM – Kendaraan berbahan bakar hidrogen menjadi salah satu alternatif kendaraan ramah lingkungan. Sejumlah pabrikan juga tertarik mengembangkan kendaraan hidrogen.

Melaporkan dari Saran Mobil Pada Selasa (13/4), salah satu pabrikan yang mengincar pengembangan kendaraan hidrogen adalah Hyundai. Kali ini, Hyundai terlibat dalam pengembangan supercar yang hadir dengan teknologi hidrogen.

Bahkan, supercar yang lahir khusus untuk sirkuit yang dikembangkan bersama Forze Hydrogen Racing ini diklaim sebagai supercar berbahan bakar hidrogen tercepat di dunia.

Perkembangan ini juga melibatkan mahasiswa dari sebuah universitas di Belanda bernama Technische Universiteit Delft. Total ada 60 siswa yang terlibat dalam pengembangan ini.

Pengapungan ini dilakukan selama satu tahun dengan tahapan mulai dari perancangan hingga proses konstruksi.

Head of Vehicle Development for Hyundai Motor Europe Technical Center, Tyrone Johnson, mengatakan perkembangan ini merupakan bukti partisipasi Hyundai dalam mengembangkan kendaraan balap tanpa emisi gas buang. “Kami senang bisa bekerja sama dengan Forze,” kata Johnson.

Diperkirakan, supercar tanpa emisi ini akan datang dengan bobot sekitar 1,5 ton. Selain menargetkan akselerasi 0 hingga 100 kilometer / jam dalam waktu kurang dari 3 detik, ditargetkan mobil ini juga bisa dipacu hingga kecepatan 300 kilometer / jam.

Ini didukung oleh dua orang sistem bahan bakar sel dengan total output 312 tenaga kuda. Selain itu, supercar ini juga didukung oleh akumulator dengan tenaga maksimal sekitar 780 tenaga kuda.




Source