ICW: Salah Satu Tujuan TWK KPK Amankan Harun Masiku

ICW menilai pimpinan KPK tidak ingin Harun Masiku diadili.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai kurangnya keseriusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pencarian buronan Harun Masiku. ICW bahkan menduga salah satu tujuan Tes Wawasan Nasional (TWK) pegawai KPK adalah mengamankan Harun Masiku.

“Sejak KPK ditetapkan sebagai tersangka pada 9 Januari 2020, setidaknya sudah lebih dari 500 hari KPK belum berhasil menangkap Harun Masiku,” kata peneliti ICW kepada Republik, Minggu (6/6).

Jika dikaitkan dengan kondisi saat ini, lanjut Kurnia, akan semakin jelas bahwa pimpinan KPK tidak ingin buronan itu diadili. Betapa tidak, beberapa pegawai yang diberhentikan karena dianggap tidak lulus TWK adalah tim pemburu Harun Masiku.

Selain itu, sudah lama masuk dalam DPO, pemberitahuan merah KPK baru saja meminta kepada Interpol. Menengok ke belakang, ada pula upaya pimpinan KPK untuk mengembalikan paksa penyidik ​​kasus Rossa Purbo Bekti ke polisi.

Atas dasar itu, ICW menduga TWK ini juga bertujuan untuk mengamankan Harun Masiku dari penangkapan penyidik ​​dan penyidik ​​KPK, kata Kurnia.

Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan pihaknya akan terus memburu tersangka buronan Harun Masiku. Dia mengatakan polemik TWK saat ini tidak akan menghalangi pencarian mantan politisi PDIP tersebut.

“Setiap kasus dilakukan oleh tim yang tidak satu orang. Tim bekerja sesuai ketentuan dan prosedur,” kata Firli Bahuri di Jakarta, Minggu (30/5).



https://www.republika.co.id/berita/qu951k409/icw-salah-satu-tujuan-twk-kpk-untuk-amankan-harun-masiku