Idul Fitri di Zona Merah dan Oranye, Simak Himbauan Satgas Covid-19

    Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Taufik Ismail

    TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan meski berada di zona merah (berisiko tinggi) dan zona oranye (risiko sedang), masyarakat tetap bisa Lebaran dengan aman dan nyaman dengan mengikuti rekomendasi pemerintah.

    Hal tersebut disampaikan Wiku dalam jumpa pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5/2021).

    “Untuk masyarakat di zona merah dan oranye, beberapa himbauan akan diberlakukan yang cukup ketat. Mengingat risiko penularan Covid-19 yang tinggi,” kata Wiku.

    Pertama, masyarakat diperbolehkan melaksanakan shalat dan segala rukunnya di rumah berjamaah. Di sisi lain, shalat berjamaah di masjid tidak diperbolehkan.

    Kedua, tradisi keramahtamahan diperbolehkan secara virtual. Tidak diperbolehkan bersilaturahim seperti berjabat tangan atau berpelukan. Manfaatkan teknologi yang ada untuk virtual hospitality. Pemberian hadiah bisa melalui metode paket atau transfer, kata Wiku.

    Baca juga: Menteri Koordinator PMK meminta insentif bagi tenaga kesehatan cair menjelang Lebaran

    Ketiga, masyarakat yang melakukan aktivitas diimbau untuk tidak mengunjungi fasilitas umum dengan alternatif jalan-jalan atau belanja online. Dan penyelenggara fasilitas umum dan umum tidak diperbolehkan membuka sektor fasilitas umum.

    Kepala daerah juga diingatkan untuk menjadi panutan bagi masyarakat. “Jangan sampai kepala daerah menjadi batu sandungan karena melanggar tata tertib kesehatan,” kata Wiku.

    Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Tim Komunikasi Panitia Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional)

    Meski rekomendasi ini kurang ideal, namun merupakan bentuk pencegahan yang menjadi bagian penting dalam percepatan penyelesaian pandemi Covid-19 di Indonesia. Covid-19 dapat menghentikan penularan dengan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat.

    Baca juga: Wanita ini dipaksa merayakan Idul Fitri di penjara, ditangkap dengan kaleng rokok berisi obat-obatan

    Selain kedua zona tersebut, Satgas juga memberikan nasehat bagi masyarakat yang tinggal di zona kuning (rendah) dan zona hijau (tidak ada kasus baru / tidak terdampak).




    Source