Imam di Ghana Donasi Rp. 114 Juta untuk Membangun Katedral

    Dia berpesan agar warga Ghana harus menjaga perdamaian negara.

    REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN — Imam kepala Ghana Sheikh Osman Sharubutu telah menyumbangkan lebih dari $8.000 untuk mendukung pembangunan katedral nasional, sebuah laporan internasional mengatakan Senin. Sharubutu adalah seorang ulama Islam Ghana yang saat ini menjabat sebagai Imam Kepala Ghana.

    Dilaporkan dari IOL, Selasa (31/8) ulama berusia 102 tahun itu mengatakan, gerakan itu bertujuan untuk memperkuat koeksistensi damai antara Kristen dan Muslim. Kristen dan Muslim telah lama memiliki hubungan baik di negara Afrika Barat itu.

    Imam Sharubutu telah mendedikasikan keberadaannya untuk membangun jembatan antara Muslim dan Kristen. Pada 2019, ia juga merayakan ulang tahunnya yang ke-100 di Gereja Katolik Accra Christ the King untuk kebaktian Paskah.

    Dewan Perdamaian Nasional bertemu dengan Imam Kepala Nasional dan Kaukus Muslim di parlemen pada bulan Mei. Imam kepala Sharubutu mengatakan Tuhan memiliki hati bagi orang-orang Ghana dengan memberi mereka kedamaian, dan bahwa penganut berbagai agama dapat hidup dalam damai dan harmoni. Dia berpesan agar warga Ghana harus menjaga perdamaian negara.

    “Mengutip Alquran, Imam Kepala Nasional menyarankan warga Ghana untuk selalu berkomunikasi satu sama lain secara sipil,” menurut situs Council.gov.gh.

    “Kami kewalahan dan kehilangan kata-kata. Ini adalah isyarat besar, dan kami menghargainya. Saya pikir banyak orang, termasuk Kristen dan Muslim, akan mengikuti apa yang telah dilakukan Imam Besar,” kata Rasul Wali Amanat Katedral Nasional Opoku Onynah, menurut situs berita. MyJoyOnline.com.

    Osman Sharubutu adalah anggota Dewan Perdamaian Nasional. Badan ini adalah badan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang penggunaan strategi non-kekerasan dalam menanggapi konflik, melalui jaringan, koordinasi dan kampanye. Dewan Perdamaian Nasional terdiri dari 13 anggota, mewakili berbagai kelompok agama, sosial atau politik.

    https://www.iol.co.za/news/africa/ghanas-chief-imam-gives-us8-000-to-build-a-church-3359b255-7d44-5241-b31c-a8ffd7f2d993



    https://www.republika.co.id/berita/qyotqh366/imam-di-ghana-sumbang-rp-114-juta-bangun-katedral