India Mencatat Rekor Peningkatan Kasus Covid-19

Kasus Covid-19 India meningkat 145.384 pada hari Sabtu

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – India kembali melaporkan rekor peningkatan jumlah kasus orang yang terinfeksi Covid-19 di seluruh negeri, Sabtu (10/4) waktu setempat. Kematian akibat Covid-19 juga mencatat rekor tertinggi dalam 24 jam dalam lebih dari lima bulan.

Kementerian Kesehatan India mencatat 145.384 kasus Covid-19 baru pada hari Sabtu. Sementara itu, tercatat 794 kematian baru akibat penyakit itu, sehingga total korban tewas di seluruh negeri sejak awal pandemi menjadi 168.436 orang.

Jumlah kasus Covid-19 di India secara keseluruhan meningkat menjadi 13,21 juta, tertinggi ketiga secara global setelah Amerika Serikat (AS) dan Brasil. Dalam sepekan terakhir, India melaporkan jumlah kasus tertinggi di dunia, menembus angka 100.000 untuk pertama kalinya pada hari Senin, dan empat hari setelah hari itu.

Pemerintah menyalahkan gelombang kedua virus pada protokol kesehatan masyarakat, seperti seringnya orang berdesakan dan keengganan untuk memakai masker karena bisnis hampir sepenuhnya dibuka kembali sejak Februari. Banyak bisnis tutup hanya sebagian untuk mengendalikan ledakan saat ini.

Negara bagian Maharashtra paling terpukul oleh jenis virus korona baru ini. Maharashtra menutup restoran, mal, dan tempat ibadah serta melarang pergerakan sejumlah besar orang untuk mengendalikan pandemi yang mengancam fasilitas medis, menyebabkan kekurangan vaksin. Kuncitara atau penguncian di Maharashtra akan berakhir pada Senin pagi waktu setempat.

Di ibu kota keuangan India, Mumbai, ratusan pekerja migran miskin berdesakan di kereta minggu ini untuk meninggalkan kota. Ini berpotensi menimbulkan risiko wabah yang lebih luas di kota-kota dan desa-desa yang lebih kecil.

Departemen kereta api membantah orang meninggalkan kota karena ombak. Mereka menyebutnya sebagai waktu sibuk reguler sepanjang tahun karena hari libur dan karena pekerja pindah untuk memanen tanaman.

Sementara itu, banyak negara bagian mengeluhkan kekurangan vaksin. India memulai program vaksinasi pada bulan Januari. Sejauh ini, lebih dari 90 juta pekerja kesehatan dan orang India berusia di atas 45 tahun telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin Covid-19. Hanya 11 juta dari mereka menerima kedua dosis tersebut saat India mencoba membangun kekebalan untuk melindungi hampir 1,4 miliar penduduknya.

sumber: Reuters




Source