Indonesia akan memiliki 261 juta dosis vaksin pada bulan Desember

    Saat ini, Indonesia telah melakukan 80 juta vaksinasi untuk masyarakat Indonesia.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Juru bicara penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan pasokan vaksin sesuai kebutuhan. Indonesia akan memiliki sebanyak 261 juta dosis vaksin COVID-19 hingga Desember 2021.

    “Hingga Desember 2021 akan ada 261 juta dosis,” kata Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan COVID-19 yang dipantau dari Jakarta, Selasa (17/8).

    Wiku mengatakan, jumlah tersebut bisa terus bertambah melalui skema perjanjian bilateral dan multilateral yang dilakukan pemerintah Indonesia dengan negara lain. Sementara pada posisinya saat ini, pemerintah telah melakukan sekitar 80 juta suntikan, dimana 54 juta atau 26 persen penduduk telah divaksinasi dengan dosis pertama dan 29 juta atau 14 persen penduduk telah menerima dosis kedua.

    Menurut Wiku, pencapaian target vaksinasi bisa terwujud jika didukung sinkronisasi data pusat dan daerah. Termasuk mekanisme operasional dan logistik, dengan harapan vaksin bisa diterima daerah tepat waktu dan tepat waktu sesuai kebutuhan.

    “Ke depan, pemerintah akan terus mendorong setiap daerah untuk mempercepat vaksinasi agar segera mencapai target daerah dengan memprioritaskan daerah dan populasi berisiko terlebih dahulu,” ujarnya.

    Ia berharap dengan percepatan yang dilakukan daerah dan penambahan cakupan vaksinasi, target tersebut dapat terpenuhi sehingga imunitas masyarakat dapat segera terwujud.

    “Dengan peningkatan cakupan secara bertahap ini, diharapkan imunitas masyarakat dapat segera tercapai,” ujarnya.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qxzl02463/indonesia-akan-punya-261-juta-dosis-vaksin-hingga-desember