Indonesia Bekerja Sama dengan Jerman untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Infrastruktur Layanan

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pameran industri Hannover Messe 2021: Edisi Digital resmi dibuka dan Indonesia menjadi official partner dalam acara yang digelar secara online tersebut.

Melalui ajang ini, Indonesia tidak mau kehilangan kesempatan untuk mempererat kerja sama dengan Jerman selaku penyelenggara.

Dalam acara ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Jerman melaluii Kementerian Federal Jerman untuk Urusan Ekonomi dan Energi (BMWi) tanda Deklarasi Bersama Intent (JDoI) memperkuat kerja sama di bidang infrastruktur berkualitas antara kedua negara.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kedua negara menyadari bahwa infrastruktur yang berkualitas diperlukan untuk menjamin mutu dan keamanan produk dan layanan guna memberikan perlindungan kepada konsumen.

“Deklarasi bersama kedua negara merupakan simbol kerjasama yang mengarah pada perkembangan industri yang akan menghasilkan sinergi baru antara Indonesia dan Jerman di masa mendatang,” kata Agus, Senin (12/4/2021).

Kerja sama infrastruktur berkualitas ini bertujuan untuk memperkuat dialog teknis dan ekonomi bilateral di bidang standardisasi, regulasi teknis, akreditasi, penilaian kesesuaian, metrologi, dan keamanan produk.

Baca juga: Dubes RI untuk Jepang diminta menjalani karantina selama 14 hari setelah mendapat kunjungan dari Menteri Perindustrian

Hal ini untuk menciptakan iklim yang kondusif, mendorong perlindungan konsumen, menciptakan inovasi, meningkatkan penelitian dan pengembangan, serta mendukung saling menerima hasil laboratorium uji yang bermanfaat bagi konsumen dan industri kedua negara, serta berperan dalam peningkatan ekonomi.

Karena cakupan kerjasama yang luas, maka dalam pelaksanaannya Kementerian Perindustrian juga akan melibatkan Kementerian Perdagangan dan Badan Standardisasi Nasional.

Penandatanganan JDoI dilakukan oleh Kepala Badan Kebijakan dan Standarisasi Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian, Doddy Rahadi, dan Sekretaris Negara Parlemen, Kementerian Federal Jerman untuk Urusan Ekonomi dan Energi, Elizabeth Winkelmeier-Becker.




Source