Indonesia Jadikan Singapura Sebagai Pusat Pemasaran Produk Halal

Singapura memiliki sejumlah perjanjian perdagangan bebas dengan berbagai negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Indonesia membidik Singapura sebagai penghubung atau hub pemasaran produk halal dalam negeri di pasar internasional. Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, mengatakan Singapura dapat menjadi batu loncatan agar produk Indonesia semakin dikenal di kancah global.

“Singapura harus dilihat sebagai pasar dengan 5,6 juta orang dan pusat yang memungkinkan kami memasuki jaringan pasar global dan kemitraan yang lebih luas,” ujarnya pada Opening Ceremony Road to ISEF 8th 2021, Senin (21/6).

Menurutnya, Singapura memiliki sejumlah perjanjian perdagangan bebas dengan berbagai negara, baik secara bilateral maupun regional. Singapura juga memiliki banyak kebijakan dan regulasi yang bisa digunakan Indonesia untuk memasuki rantai pasok global.

Peluang ini secara signifikan dapat meningkatkan kontribusi ekonomi syariah di tingkat nasional. KBRI Singapura berkomitmen untuk mendukung segala upaya promosi produk ekonomi halal Indonesia dan menjembatani peluang kemitraan ekonomi syariah di pasar luar negeri, khususnya Singapura.

Suryo mengatakan kebutuhan produk halal di tingkat internasional semakin meningkat setiap tahunnya karena kesadaran akan konsumsi produk halal. Setidaknya 25 persen populasi dunia atau 1,8 miliar Muslim global membutuhkan beragam produk, mulai dari makanan, fashion, hingga keuangan yang sesuai dengan nilai syariah.

“Setidaknya ada 50 negara di dunia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, ini harus dimanfaatkan. Di Singapura sendiri, pemerintah sangat menjamin perlindungan terhadap konsumsi produk halal, padahal penduduk muslim Singapura hanya 14 persen, ” dia berkata.

Di tengah pandemi yang mendorong percepatan transformasi digital, gangguan rantai pasok global dan investasi serta ketahanan pangan harus diupayakan oleh Indonesia. Produk-produk Indonesia dapat masuk ke dalam rantai perdagangan yang saat ini sedang mengalami supply reset.

Melihat peluang Singapura sebagai pusat pemasaran produk halal dalam negeri, Masyarakat Ekonomi Islam meresmikan kantor cabang di Singapura pada acara Road to ISEF 2021 kali ini. Suryo berharap MES Singapura dapat berperan aktif, mulai dari menilai peluang hingga menjalin kerjasama untuk

perluasan akses produk halal Indonesia di pasar global secara berkesinambungan.



https://www.republika.co.id/berita/qv1k5b383/indonesia-jadikan-singapura-hub-pemasaran-produk-halal