Industri Pelumas Diyakini Akan Berkembang Tahun Ini

Industri pelumas mengikuti tren positif dari industri mobil dan sepeda motor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tahun lalu, pandemi tak hanya membuat industri mobil dan sepeda motor terpuruk. Perlambatan penjualan dan penurunan mobilitas masyarakat otomatis berdampak pada industri pendukung seperti pelumas.

Hal serupa juga dialami oleh PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) dan PT Federal Karyatama (FKT). Ketua Eksekutif ExxonMobil Lubricants Indonesia Patrick Adhiatmadja mengatakan hal itu ditunjukkan dengan penurunan penjualan pelumas.

“Meski tahun lalu turun, kami optimistis penjualan akan mulai meningkat tahun ini karena perekonomian mulai pulih dan dibarengi dengan program vaksinasi,” kata Patrick dalam temu media virtual ExxonMobil beberapa waktu lalu.

Melihat potensi pertumbuhannya, EMLI dan FKT terpacu untuk menghadirkan inovasi agar dapat terus memberikan pelumas terbaik bagi pengemudi. Apalagi saat ini perekonomian mulai mengalami pemulihan sehingga kebutuhan kendaraan juga semakin meningkat, baik kendaraan pribadi maupun niaga.

“Kami berharap pemulihan pasar saat ini dapat mengembalikan kepercayaan konsumen dan pelanggan yang menjadi kunci pemulihan ekonomi. Sebagai organisasi yang terintegrasi, kami juga terus mempersiapkan era normal baru dengan menyiapkan kapabilitas pemberdayaan digital,” ujarnya.

Selain itu, guna meningkatkan penetrasi pasar, tahun ini EMLI meluncurkan varian baru produk merek Mobil agar tetap kompetitif dan berdampak pada industri pelumas dan otomotif. Selain itu, EMLI juga terus menjalin kerja sama dengan mitra jaringan untuk memudahkan konsumen menikmati sejumlah produk andalannya.

Menurutnya, sudah ada lebih dari 40 distributor nasional dan bengkel mandiri yang hingga saat ini mencapai lebih dari 16 ribu bengkel mandiri yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia. EMLI dan FKT juga terus berupaya untuk mengintegrasikan jaringan distribusi penjualan yang fokus di wilayah-wilayah potensial, antara lain di wilayah Jawa, Bali, dan Sumatera.

Selain itu, EMLI juga menghadirkan terobosan melalui Car Care Cars, bengkel rekanan Mobil, bengkel resmi dalam e-commerce dan layanan Home Service. Dengan terobosan-terobosan tersebut diharapkan produk EMLI dapat menjadi pilihan masyarakat karena hadir dengan produk dan layanan yang lengkap.




Source