Ini adalah jenis minyak goreng yang dilarang oleh ahli gizi

    Ahli gizi mengatakan ada jenis minyak goreng yang bisa menyebabkan perut kembung.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagai pengguna minyak goreng biasa, penting untuk mengetahui jenis minyak yang perlu ditinggalkan. Salah satu varietas yang harus ditinggalkan, menurut halaman Dia menemukan, yang dikutip Minggu (22/8), adalah minyak sayur atau vegetable oil.

    Menurut laman tersebut, minyak nabati bisa menyebabkan kembung dan penambahan berat badan bila dikonsumsi secara rutin. Minyak nabati diketahui mengandung lemak dalam jumlah tinggi.

    “Minyak nabati dan minyak yang memiliki rasio asam lemak omega-6 dan omega-3 yang tinggi dapat menyebabkan kembung dan peradangan,” kata ahli gizi Lisa Richards.

    Meskipun disebut ‘minyak nabati’, variasi ini sering berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan kedelai. Bahan makanan ini diketahui menyebabkan kembung dan masalah pencernaan di perut karena diproses secara intensif.

    Mengingat bahwa minyak begitu sering dimasukkan dalam resep mulai dari saus salad hingga makanan yang digoreng, penting untuk menemukan variasi yang akan melengkapi gaya hidup, daripada berdampak negatif pada tubuh.

    “Saat memilih minyak, Anda harus memilih minyak yang setara dengan omega-6 dan omega-3 karena lebih kecil kemungkinannya menyebabkan kembung. “Banyak orang yang mengonsumsi makanan standar Amerika mengonsumsi minyak omega-6 dalam jumlah besar dan ini menyebabkan kembung dan akhirnya menambah berat badan,” jelas Richards.

    Sementara itu, kembung bukanlah penambahan berat badan yang sebenarnya dan lebih merupakan kelebihan gas atau udara di perut. Ketidaknyamanan ini bisa menjadi intens dan menyebabkan penambahan berat badan.

    Alih-alih memilih minyak sayur atau kedelai (variasi lain yang menyebabkan kembung), Richards menyarankan untuk mempertimbangkan minyak alpukat, zaitun, dan biji rami sebagai andalan dalam diet sehat untuk menurunkan berat badan. Minyak alpukat kaya akan asam oleat yang merupakan lemak sehat yang diketahui bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, dan sangat bagus untuk memasak telur di pagi hari atau ditaburkan di atas salad.

    Minyak jenis ini juga mudah diserap ke dalam tubuh, sehingga kita lebih berpeluang untuk memetik manfaat nutrisi dari minyak alpukat dibandingkan minyak lainnya. Juga, menggunakan semprotan memasak untuk melumasi wajan, adalah cara lain yang bagus untuk memotong kalori dan lemak berlebih sambil tetap menyiapkan wajan untuk memasak.



    https://www.republika.co.id/berita/qy7qzy463/ini-jenis-minyak-goreng-yang-dilarang-ahli-gizi