Ini Aturan Gaji di La Liga yang Bikin Messi Tinggalkan Barca

    Barcelona telah melampaui ambang batas pengeluaran upah sebesar 40 persen.

    REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA — Barcelona dan Lionel Messi akhirnya resmi berpisah. Salah satu alasan Barcelona tidak bisa membawa Messi kembali ke Camp Nou adalah aturan pembatasan upah La Liga.

    Presiden La Liga Javier Tebas mengungkapkan bahwa Barcelona telah melampaui ambang batas pengeluaran gaji sebesar 40 persen. Sebab, Barca hanya bisa menginvestasikan uang yang didapat sebesar 25 persen. Artinya, jika ingin memberikan kontrak baru kepada pemain, nilai kontraknya hanya bisa 25 persen dari setiap pendapatan.

    Tebas juga menegaskan bahwa dia tidak akan membuat konsesi apapun untuk Barca, meski ingin Messi bertahan di La Liga.

    “Meskipun klub dan pemain mencapai kesepakatan dan niatnya jelas untuk menandatangani kontrak baru hari ini, ini tidak dapat terjadi karena kendala finansial dan struktural,” kata Barcelona dalam sebuah pernyataan di situs resminya, Jumat (6/8). .

    Dalam aturan batas gaji yang diperbarui bulan lalu, ada pengurangan ambang batas gaji dari 2,3 miliar euro menjadi 2,2 miliar euro. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda keuangan klub. Jumlah tersebut kemudian dibagi ke beberapa klub La Liga.

    Dikutip dari thesportsgrail, Real Madrid mendapat bagian tertinggi dengan 473,34 juta euro. Sementara Barcelona yang memiliki masalah keuangan memiliki batas pengeluaran maksimal 347 juta euro. Kemudian Atletico Madrid 217 juta euro. Angka ini ditentukan berdasarkan uang yang bisa dikeluarkan setiap klub untuk gaji pemain, pemain, asisten pelatih dan pelatih fisik, hingga aktivitas tambahan seperti membeli pemain.

    Semua itu dihitung dari perbedaan antara pendapatan biaya struktural dan pembayaran utang yang diharapkan selama musim. Setiap tim menguraikan batasan gaji yang harus dikeluarkan.

    “Meskipun ada pengurangan pendapatan sebesar 2 miliar euro, klub, terutama yang besar, mampu bertahan dari krisis dengan mengetahui cara mengurangi pengeluaran. Sepak bola Spanyol sangat mumpuni. Sudah bisa mengakses 700 juta (euro) pembiayaan di kedua kategori,” kata Tebas.



    https://www.republika.co.id/berita/qxeaj3438/ini-aturan-gaji-di-la-liga-yang-buat-messi-tinggalkan-barca