Inkoppas Sediakan Layanan Digital untuk Anggota

    Inkoppas terus meningkatkan layanan menuju layanan sistem digital

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Koperasi Pedagang Pasar Induk (Inkoppas) akan memodernisasi koperasi pedagang pasar (Koppas) dengan mendorong Koppas memasuki layanan digital. Tata kelola KOPAS menggunakan sistem informasi on line.

    Ketua Koperasi Pedagang Pasar Induk (Inkoppas), Yudianto Tri mengatakan, layanan kepada pedagang pasar menggunakan aplikasi digital berbasis Android dan iOS. Ini memakai smartphone yang aplikasinya masih dalam proyek percontohan.

    “Pedagang tidak lagi direpotkan dengan kebutuhan penarikan, penyetoran, pemindahbukuan, pemindahbukuan karena mereka bergerak menggunakan aplikasi digital,” kata Yudianto, dalam keterangannya, Jumat (16/7).

    Dijelaskannya, pedagang dapat dengan mudah membayar kewajiban seperti retribusi, cicilan kios, biaya layanan pasar dan lain-lain. Bahkan untuk bayar listrik, telepon, dan berbagai tagihan lainnya, sistem digital Inkoppas sudah bisa digunakan titik pembayaran.

    Menurut Yudianto Tri, jika pedagang pasar menggeser cara mengelola keuangan dengan sistem digital yang sedang dikembangkan, maka akan terbentuk big data di ekosistem pedagang pasar.

    Data besar, katanya, menghadirkan Daftar belanja bagi mitra lembaga keuangan saat memberikan dana pinjaman, atau menyajikan data kebutuhan barang bagi prinsipal, produsen, dan produsen saat memasok barang di pasar.

    Lebih lanjut, bercermin pada Hari Koperasi ke-74 yang jatuh pada 12 Juli, ia mengatakan tantangan koperasi khususnya Koppas di era saat ini adalah lambatnya Koppas-Koppas dalam mengadaptasi Revolusi Industri 4.0.

    Hal ini, kata dia, membuat Koppas semakin terdesak oleh serangan dari lembaga keuangan lain (bank, teknologi keuangan, dan lain-lain) dengan teknologi digital dan metode pelayanan yang cepat dan mudah.

    Dikatakannya, Koppas juga dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada usaha para pedagang pasar sebagai anggota, sehingga mengganggu arus kas para pedagang.

    Tantangan lainnya, kata dia, adalah kemampuan Koppas untuk mendukung upaya para pedagang dalam menyediakan dan menstabilkan kebutuhan pokok sehingga kebutuhan masyarakat tetap dapat terlayani dan terciptanya stabilitas pangan.

    Dalam rangkaian Hari Koperasi, katanya, Inkoppas yang merupakan koperasi sekunder dari koperasi pedagang pasar, diselenggarakan dan dikonsolidasikan dengan mengadakan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) yang diadakan pada 3-4 Juli 2021 di Jakarta.

    Hasil RALB antara lain penggantian Ketua Umum Inkoppas yang semula dijabat Ferry Juliantono menjadi Yudianto Tri.

    Pada masa kepemimpinannya, Yudianto Tri menetapkan tagline Inkoppas, yaitu menuju koperasi pasar modern setara bank.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qwcae8320/inkoppas-akan-sediakan-layanan-digital-untuk-para-anggota