Inovasi Layanan KIA Mewujudkan Gerakan Sadar Adminduk

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta bersama PT Pos Indonesia (Persero) setempat meluncurkan inovasi layanan mobile Kartu Tanda Penduduk (M-KIA) dalam rangka Gerakan Kesadaran Administrasi Kependudukan.

“Administrasi kependudukan merupakan hak dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, kami tentunya tidak ingin pelayanan administrasi kependudukan di Bantul dilakukan dengan mekanisme yang rumit,” ujar Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di sela-sela acara. peluncuran inovasi layanan M-KIA di Bantul.

Oleh karena itu, sebagai pemerintah kabupaten (pemkab), pihaknya mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan PT Pos Indonesia (Persero) yang telah bekerjasama dan bersinergi menghadirkan inovasi layanan Kartu Tanda Penduduk Anak (M-KIA) Keliling.

Bupati mengatakan, pelayanan administrasi pendudukan tidak hanya milik orang dewasa, tetapi semua warga berhak memiliki dokumen kependudukan, termasuk anak. Sehingga masyarakat harus memanfaatkan M-KIA dengan baik untuk mendukung terwujudnya tertib administrasi kependudukan di Bantul.

“Mari kita manfaatkan keberadaan inovasi M-KIA untuk mendukung terwujudnya tertib administrasi kependudukan di Bantul. Memiliki KIA artinya anak Bantul terdaftar sebagai anak Indonesia dan memiliki hak yang harus dipenuhi oleh negara sebagai anak Indonesia, ” dia berkata.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Bantul Bambang Purwadi mengatakan peluncuran inovasi layanan M-KIA merupakan bentuk perjuangan agar anak Bantul memiliki KTP.

“Kabupaten Bantul masuk 10 besar KIA dengan pencapaian 85 persen, selain itu KIA di Bantul sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 02 Tahun 2016 tentang KIA, serta Permendagri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, ”ujarnya.

Sementara itu, Kepala PT Pos Indonesia Bantul Toni Suhendi mengatakan, dalam pengiriman KIA pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan KIA kepada masyarakat secara keseluruhan. Selain itu, ia juga berharap kerja sama ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.


Source