Insight Investments Melatih Insan Wirausaha Masyarakat

Sekitar 29,12 juta orang usia kerja di Indonesia terdampak pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perusahaan pengelola investasi, PT Insight Investments Management (Insight), bersama Yayasan Inspirasi Indonesia Building (YIIM) menggelar kelas pelatihan kewirausahaan yang fokus mengasah keterampilan dan menciptakan lapangan kerja di masa pandemi. Pelatihan ini khusus untuk masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 29,12 juta orang usia kerja di Indonesia terkena dampak pandemi Covid-19 pada Agustus 2020. Tingkat pengangguran terbuka (TPT) melonjak menjadi 7,07 persen dari 5,23 persen. DKI Jakarta merupakan provinsi dengan TPT tertinggi sebesar 10,95 persen.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, seperti mengucurkan paket stimulus ekonomi agar perusahaan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), insentif pajak. Selain itu, pemerintah memberikan bantuan sosial bagi pekerja formal dan informal dengan pemberian kartu pra kerja.

Direktur Insight Investments Management, Ria M Warganda mengatakan, berdasarkan data tersebut, Insight berupaya memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan dan mengajak investor untuk berinvestasi. Hal ini untuk mendukung kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat melalui inovasi produk jasa keuangan.

Ria mengatakan, program kelas pelatihan kewirausahaan yang diadakan oleh Insight sejalan dengan Sustainable Development Goals.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membimbing alumni kelas pelatihan Insight yang berasal dari masyarakat kurang mampu, untuk menjadi orang-orang yang sukses dalam berwirausaha,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Selasa (13/7).

Salah satu warga yang mengikuti pelatihan ini adalah Muslih Ridwan. Setelah mengikuti kelas pelatihan kuliner, ia memberanikan diri menjalankan bisnis mie ayam. Selain mendapatkan kesempatan pelatihan, Muslih juga mendapatkan bantuan peralatan usaha mie ayam.

Ada juga Wanmayetti, alumni pelatihan kuliner yang belajar tentang pelatihan kewirausahaan Insight melalui seorang teman. Ia bersama lebih dari 20 ibu-ibu dan remaja putri di bawah Koperasi Gemah Ripah telah mengikuti pelatihan kuliner. Usai mengikuti pelatihan, mereka membuka usaha kue dan nasi kotak.



https://www.republika.co.id/berita/qw6wic416/insight-investments-latih-masyarakat-berwirausaha