Instansi di Surabaya Terapkan QR-Code Scan CareProtect

    REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, seluruh kantor dinas hingga kelurahan dan kelurahan di Kota Surabaya akan menerapkan scan. Kode QR aplikasi PerawatanProtect. Pindai rencana penerapan Perlindungan Kode QR, kata Febri, saat ini masih dalam proses pematangan.

    Febri mengatakan perlu disiapkan desain yang matang agar saat diterapkan semua pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu. “Masih bertahap, hanya belum dilaksanakan serentak,” kata Febri di Surabaya, Jumat (1/10).

    Febri mengatakan, pihaknya sangat perlu mempersiapkan pelaksanaannya PerawatanProtect. Sehingga ketika pemerintah pusat mengeluarkan petunjuk penggunaan aplikasi di kantor instansi, bisa langsung menyesuaikan. “Jika wes onok (sudah ada) ketentuan teko (dari) pusat harus menggunakan PerawatanProtect, baik di sini (Pemerintah Kota) benar wes (sudah) siap,” katanya.

    Febri memastikan pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu jika nantinya semua dinas instansi membutuhkannya pindai QR Code CareProtect. Karena, katanya, aplikasi scan Kode QR itu perlu penyesuaian. Dimana, baik pegawai maupun masyarakat yang datang harus rutin melaksanakan mendaftar dan Periksa pada aplikasi.

    “Kalau Humas (kantor) dan Balai Kota sudah (terpasang). Seperti di Siola, dipasang di balai kota. gisor (bawah) ya? Periksa-miliknya bangun (banyak), jadi harus dipikirkan juga,” ujarnya.

    Secara terpisah, Kapolres Surabaya Kombes Pol A Yusep Gunawan mengatakan, seluruh jajaran Polsek di jajarannya juga sudah melakukan pemindaian. Perlindungan Kode QR. Hal ini untuk mewaspadai terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di lingkungan pelayanan publik khususnya kantor polisi. Kebijakan tersebut juga diambil untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya vaksinasi terhadap Covid-19.

    “Ya betul, ini untuk mewaspadai terjadinya klaster yang tersebar di lingkungan pelayanan publik khususnya di Polres,” kata Yusep.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/r0af16436/instansi-di-surabaya-terapkan-pindai-qrcode-pedulilindungi