Isi Lengkap Pedoman Edaran Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021, Berlaku di Zona Hijau & Kuning

TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H / 2021 M.

Dalam SE diatur bahwa kegiatan buka puasa bersama, shalat berjamaah (lima waktu, Tarawih dan Witir), Tadarus Al-Qur’an, dan iktikaf diperbolehkan, dengan kehadiran maksimal 50 persen dari kapasitas umat. masjid atau ruang sholat

Surat edaran tersebut juga mengatur bahwa kegiatan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga jarak minimal 1 meter antar jamaah, dan saling membawa sajadah atau sajadah.

Baca juga: Kumpulan Kata Ucapan Selamat Bulan Ramadhan 2021, Cocok Untuk Berbagi di Grup WhatsApp

Direktur Jenderal Pembinaan dan Pembinaan Agama Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan, ketentuan dalam surat edaran ini tidak berlaku untuk daerah yang masuk dalam zona merah dan oranye.

“Menteri Agama telah menerbitkan pedoman melingkar untuk Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.”

Namun, surat edaran ini tidak berlaku untuk wilayah yang masuk zona merah dan oranye berdasarkan keputusan Satgas Covid setempat, katanya di Jakarta, Jumat (9/4/2021). Tribunnews.com.

Direktur Jenderal Bimbingan dan Bimbingan Islam, Kamaruddin Amin. (Khusus)

Satgas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 telah menetapkan beberapa kriteria regional berdasarkan risiko penyebaran Covid-19.

Terdapat empat kriteria wilayah yaitu zona hijau (tidak terpengaruh), zona kuning (risiko rendah), zona oranye (risiko sedang), dan zona merah (risiko tinggi).

“Pedoman ibadah Ramadhan dan Idul Fitri bisa diterapkan di wilayah yang berada di zona hijau dan kuning,” kata Kamaruddin.

Edaran ini bertujuan untuk memberikan pembinaan ibadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, serta mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari Covid-19.

Baca juga: Takaeda Sambut Single Ramadhan Anyar Tawakal bersama Ustadz Derry Sulaiman




Source