Istana Bantah TMII akan dikelola oleh Yayasan Bentukan Jokowi

Kemensesneg tidak akan lama mengelola TMII sendirian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Istana Kepresidenan membantah kabar pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan diserahkan kepada yayasan baru bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, pemerintah malah akan melibatkan BUMN di bidang pariwisata untuk pengelolaan TMII ke depan.

“Arahannya ini akan diangkat. Nanti kita minta bantuan dari salah satu BUMN pariwisata untuk mengelola TMII ini. Jadi dikelola oleh lembaga yang profesional, profesional dan harapannya bisa jauh lebih baik dan berkontribusi pada keuangan negara. , “Kata Pratikno dalam keterangan persnya, Kamis. (8/4).

Posisi saat ini, kata Pratikno, Kementerian Sekretariat Negara menjadi pengurus sementara pada masa transisi, setelah pengurus TMII diambil dari Yayasan Harapan Kita. Artinya, Kemensesneg tidak akan lama mengelola TMII sendirian.

“Jadi tidak benar yayasan akan dibentuk, apalagi dikaitkan dengan yayasan Pak Jokowi dan lain-lain,” kata Pratikno.

Seperti diketahui, kepengurusan TMII ditarik oleh pemerintah pusat dari pengelolanya selama 44 tahun, yakni Yayasan Harapan Kita. Yayasan ini didirikan oleh Tien Soeharto pada tahun 1968. Kemudian berdasarkan Keppres 19 tahun 2021 tentang TMII, Kemensesneg memiliki kuasa untuk mengambil alih pengelolaan TMII dan menyiapkan mitra baru untuk pengelolaan selanjutnya.




Source