Istana Bersejarah di Riyadh Inspirasi Arsitektur Arab Saudi

    IHRAM.CO.ID, RIYADH — Kementerian Kebudayaan Arab Saudi membuat terobosan baru untuk mendorong sektor desain dan arsitektur Arab Saudi menjadi lebih berkelas. Yakni, dengan memberdayakan desainer dan arsitek berbakat.

    Sebagaimana dilaporkan Arab Berita Pada Jumat (25/6), Kementerian Kebudayaan Arab Saudi meluncurkan strategi Murabba yang mengambil nama dari istana bersejarah di Riyadh. Desain cetak biru strategi Murabba mencerminkan ambisi otoritas Arab Saudi untuk membawa inovasi ke arsitektur Arab Saudi yang melampaui batas-batas tradisional, dan melayani anggota sektor melalui berbagai inisiatif dan program.

    CEO Saudi Arabian Architecture and Design Authority, Sumaya Al Sulaiman mengatakan strategi tersebut akan mengembangkan sektor arsitektur. Selain itu, membantu anggotanya memenuhi aspirasi Kementerian Kebudayaan yang dipimpin oleh Menteri Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan.

    “Strategi ini mencakup berbagai tema dan aspek, seperti aspek legislatif dan peraturan, dan mendukung dan memungkinkan lingkungan pendidikan dan praktis terkait dengan sektor yang ditargetkan, bersama dengan serangkaian inisiatif dan program yang ditujukan untuk mendukung arsitek dan desainer di seluruh dunia,” dia berkata.

    Dengan slogan bintang Utara, strategi Kementerian Kebudayaan telah menetapkan visi dan misinya untuk mencerminkan tujuan utamanya. Otoritas arsitektur dan desain Arab Saudi juga telah menguraikan visinya tentang sektor ini yang didefinisikan sebagai ekspresi kreatif dalam merancang lingkungan binaan, produk.

    Selain itu, mengkomunikasikan ide-ide dengan nilai estetika dan fungsional, dan mencakup disiplin ilmu arsitektur, desain interior, perencanaan kota atau kota, desain, arsitektur lansekap, desain grafis, dan desain industri, serta semua kegiatan, profesi, produk, dan layanan terkait. dengan praktek.

    Strategi tersebut mencakup enam tujuan strategis. Yaitu, mengembangkan sektor dengan mempromosikan integrasinya, berkontribusi pada produk domestik bruto Kerajaan dengan mengembangkan sektor industri dan layanan desain yang inovatif, membangun keterampilan dan bakat profesional saat ini dan masa depan, mendapatkan pengakuan global untuk Kerajaan.

    Otoritas merencanakan 33 inisiatif yang termasuk dalam enam program untuk mencapai tujuan strategisnya, yang akan dilaksanakan selama lima tahun ke depan. Program pertama, berjudul regulasi sektor arsitektur dan desain, berfokus pada penetapan pedoman, undang-undang dan peraturan praktik komersial dan profesional di sektor ini dan mencakup dua inisiatif.

    Program kedua, berjudul pengembangan sektor arsitektur dan desain, berfokus pada pengembangan sektor pengembangan dan pemberdayaan praktisi untuk membuat dampak yang lebih besar dan lebih luas pada komunitas arsitektur dan desain, dan mencakup tujuh inisiatif.

    Program ketiga, yang berjudul pengembangan dan pendidikan profesional, berfokus untuk mendukung praktisi lokal sepanjang perjalanan profesional yang komprehensif, dari pendidikan hingga keunggulan profesional, dan mencakup tujuh inisiatif.

    Program keempat, yang berjudul pengembangan konten, bertujuan untuk mengakomodasi, mengumpulkan, membuat, dan mempromosikan konten budaya arsitektur dan desain untuk memperkaya praktik budaya, dan mencakup delapan inisiatif.

    Program kelima berfokus pada partisipasi dan komunikasi masyarakat, yang bertujuan untuk mengatur jadwal acara budaya dan penghargaan dari otoritas yang diberikan kepada komunitas lokal dan internasional. Ini mencakup empat inisiatif strategis.

    Program keenam bertajuk Activating the Architecture and Design Authority, bertujuan untuk mengaktifkan otoritas dengan tetap fokus pada inisiatif internal dan komunikasi untuk mengimplementasikan model operasional. Ini mencakup lima inisiatif strategis.



    https://www.ihram.co.id/berita/qv8mqx430/istana-bersejarah-di-riyadh-inspirasi-arsitektur-arab-saudi