Istana Buckingham: Pangeran Philip Dimakamkan 17 April

    Pemakaman Pangeran Philip akan berlangsung di Kapel St George di Kastil Windsor

    REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Istana Buckingham mengumumkan upacara pemakaman Pangeran Philip akan digelar pada Sabtu (17/4). Upacara tidak akan memberikan akses prosesi kepada publik.

    “Ini akan menjadi apa yang dikenal sebagai upacara pemakaman kerajaan,” kata juru bicara Istana Buckingham, mencatat bahwa semua detail pemakaman mendapat persetujuan Ratu.

    Pemakaman akan berlangsung di Kapel St George di Kastil Windsor pada pukul 3 sore waktu setempat. “Rencana pemakaman sangat sejalan dengan keinginan pribadi Duke of Edinburgh,” kata juru bicara Istana Buckingham, mengacu pada gelar suami Ratu Elizabeth II.

    Pangeran Philip saat ini bertempat di Kapel Pribadi di Kastil Windsor. Pada 17 April, peti mati akan dipindahkan dari Pintu Masuk Negara Bagian ke Kapel St George untuk layanan pemakaman.

    Layanan akan dimulai dengan proses keheningan nasional. Pada akhir kebaktian, jenazah Pangeran Philip akan dimakamkan di Royal Vault di Kapel St George.

    Tamu yang menghadiri pemakaman akan mematuhi pedoman Covid-19 yang diterapkan oleh Inggris. Daftar tamu untuk pemakaman akan dibatasi hingga 30 sesuai dengan pedoman pemerintah dan akan memakai topeng.

    Pemakaman akan disiarkan langsung. Ada masa berkabung nasional sampai. Keluarga kerajaan akan berkabung selama dua minggu.

    “Meskipun ini secara alami merupakan saat kesedihan dan kesedihan bagi Keluarga Kerajaan dan banyak orang lainnya yang mengenal atau mengagumi Duke of Edinburgh, diharapkan hari-hari mendatang juga akan dilihat sebagai kesempatan untuk merayakan kehidupan yang luar biasa,” kata seorang Juru bicara Istana Buckingham.

    Pangeran Charles dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan mengambil bagian dalam prosesi dengan berjalan kaki di belakang peti mati Pangeran Philip. Sementara itu, Ratu tidak akan berjalan dalam prosesi.

    Pangeran Harry berencana untuk menghadiri pemakaman meskipun istrinya yang sedang hamil, Meghan, telah dinasihati oleh dokter untuk tidak melakukannya. “Duke of Sussex berencana untuk hadir. Duchess of Sussex telah dinasihati oleh dokternya untuk tidak bepergian,” kata juru bicara Istana Buckingham.

    sumber: Reuters




    Source