Isu Reshuffle Menteri Berinisial M, Prediksi Pengamat Moeldoko dan Mahfud MD Masih Aman

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Politisi Partai Keadilan Nasional (PKB) Luqman Hakim pernah menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merombak menteri berinisial M.

Namun, tidak dijelaskan siapa menteri berinisial M.

Terkait hal itu, pengamat politik Karyono Wibowo menilai pernyataan Luqman belum tentu benar dan cenderung spekulatif.

Baca juga: Isu Reshuffle, Relawan Jokowi Sebut Hilmar, Budi Arie, dan Silmy Karim Cocok dengan Isi Postingan Menteri Ini

Apalagi, ada beberapa menteri yang berinisial M di namanya.

“Mengenai wacana pergantian menteri berinisial M diganti, menurut saya ini pendapat spekulatif yang belum tentu benar. Wacana itu lebih dari sekedar sensasi,” kata Karyono, saat dihubungi Tribunnews.com. Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Setelah Bahlil-Ahok, Muhammad Lutfi dan Menantu Wakil Presiden juga digadang-gadang menjadi menteri investasi.

“Ini karena menteri berinisial M yang cukup banyak di Kabinet Indonesia Maju. Tidak hanya Moeldoko, Muhadjir Effendi, M. Lutfi, dan Mahfud MD tapi ada yang lain seperti Muhammad Tito Karnavian dan Muhammad Basuki Hadimuljono,” dia menambahkan.

Karyono lantas memprediksi nama-nama seperti Moeldoko hingga Mahfud MD akan tetap dipertahankan Jokowi di kabinet.

Menurut dia, meski kemarin Moeldoko terjerat kontroversi kudeta Partai Demokrat, Jokowi dinilai masih membutuhkannya.

Bahkan, saya prediksi beberapa menteri atau pejabat setingkat menteri yang memiliki nama depan M seperti Moeldoko, Mahfud MD, Muhammad Tito Karnavian, Muhammad Basuki Hadimuljono, akan tetap dipertahankan di kabinet Indonesia Maju. Meski ada kontroversi, posisinya tetap ada. masih dibutuhkan oleh Presiden Joko Widodo dalam pemerintahan, “kata Karyono.




Source