Jababeka Bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Pembangunan SPKLU untuk mendukung program akselerasi mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengembang Jababeka menggandeng Starvo, perusahaan penyedia stasiun pengisian kendaraan listrik nasional, untuk membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di kawasan Kota Jababeka Cikarang. Pembangunan SPKLU juga bertujuan untuk mendukung program percepatan mobil listrik yang dicanangkan pemerintah.

Kerjasama strategis ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerjasama antara PT Grahabuana Cikarang selaku pengembang kawasan Kota Jababeka Cikarang dengan PT Starvo Global Energi. Perjanjian kerjasama ini meliputi pengadaan, penjualan, dan pemasangan SPKLU yang difokuskan di kawasan Kota Jababeka, termasuk bangunan komersial, produsen pintar, rumah pintar serta pembangunan stasiun SPKLU mandiri di tempat umum dan terbuka.

Direktur Starvo Global Energi Rachman Elly memberikan dukungan terhadap visi dan misi pengembang Kota Jababeka Cikarang. Tidak hanya sebatas pengadaan, penjualan dan pemasangan EVCS, tetapi juga memberikan edukasi kepada calon pembeli properti.

“Melalui kerja sama ini, kedua perusahaan juga merespon kebijakan yang telah dibuat pemerintah dalam program percepatan kendaraan listrik di dalam negeri,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (2/6).

Direktur Utama Grahabuana Cikarang Sutedja S Darmono mengatakan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan baru bagi warga di Kota Jababeka. Selain itu, diharapkan dapat menjadi salah satu langkah awal dalam mewujudkan kota pintar yang siap menyambut datangnya era industri 4.0 dan masyarakat 5.0.

Direktur Grahabuana Cikarang Tjahjadi Rahardja menyambut baik kerjasama dengan Starvo Global Energi. Menurutnya, hal ini sejalan dengan upaya Jababeka untuk menciptakan lingkungan hijau yang ramah.

“Jababeka sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” ujarnya.



https://www.republika.co.id/berita/qu35rs416/jababeka-bangun-stasiun-pengisian-kendaraan-listrik