Jadwal Imsakiyah & Buka Puasa 2021 Jakarta dan Sekitarnya

    Ini dia jadwal Imsakiyah dan buka puasa Ramadhan 2021 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kepala Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin memperkirakan awal Ramadhan 1442 Hijriyah akan seragam, yakni jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Hal ini berdasarkan posisi bulan pada saat Maghrib dan Ramadan. kriteria yang biasa digunakan oleh organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

    Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada 13 April 2021 berdasarkan hasil hisab. Perhitungan Muhammadiyah menunjukkan bahwa pada 12 April sore setelah matahari terbenam posisi bulan baru (hilal) di Yogyakarta berada pada ketinggian di atas ufuk 3 derajat 44 menit 38 detik.

    Dalam penentuan awal Ramadhan, Muhammadiyah menggunakan kriteria wujudul hilal dengan ketinggian bulan sekitar nol derajat. Sedangkan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan kriteria ketinggian bulan 2 derajat di atas ufuk.

    Dengan kriteria tersebut maka penentuan awal Ramadhan antara kedua ormas Islam akan berbeda jika posisi bulan berada di antara 0 dan 2 derajat. Namun menurut Lapan, tahun ini posisi bulan pada tanggal 29 Sya’ban atau 12 April sudah di atas 2 derajat. Artinya sudah memenuhi kriteria baik NU maupun Muhammadiyah.

    Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, penghubungan (Ijtimak) pada awal Ramadhan 1442 H terjadi pada Senin, 12 April 2021 M, pukul 09.30 WIB atau 10.30 WITA atau 11.30 WIB. Jadi dapat disimpulkan bahwa di wilayah Indonesia konjungsi terjadi sebelum matahari terbenam.

    Kepala Pusat Seismologi Teknis, Geofisika Potensi, dan Timestamp BMKG, Rahmat Triyono, menyampaikan hal tersebut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (10/4).

    Berikut jadwal Imsakiyah 1442 Hijriyah, Subuh, hingga waktu buka puasa (Magrib) untuk DKI Jakarta, klik disini: Jadwal Imsakiyah dan Magrib untuk DKI Jakarta dan sekitarnya Ramadhan 1442 Hijriyah

    BACA JUGA: Ramadhan bersama Republika Online




    Source