Jaga Ekosistem Lingkungan, Langkah Chandra Asri Diapresiasi Daerah

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengapresiasi upaya PT Chandra Asri Petrochemical Tbk menjaga ekosistem lingkungan di masa pandemi Covid-19.

    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mahdani mengatakan, sangat membantu program Chandra Asri untuk menjaga lingkungan.

    Pemerintah Provinsi Banten memiliki anggaran untuk memelihara dan mengembangkan lingkungan hidup.

    Namun karena pandemi Covid-19, banyak program yang tidak bisa berjalan karena alokasi anggaran tersedot untuk penanganan Covid-19.

    “Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi keuangan Provinsi Banten. Hal ini pula yang membuat Pemprov Banten masih belum bisa membangun gedung fisik secara utuh,” jelasnya dalam workshop virtual, Kamis (19/8/2021).

    Chandra Asri dan kelompok tani hutan berusaha menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan.

    Baca juga: Garap Pabrik Baru CAP2, Chandra Asri Gandeng Thaioil

    Perusahaan memiliki berbagai program antara lain dengan mengintegrasikan aspek Environment, Social and Governance (ESG). ESG termasuk dalam program kerja Perusahaan, salah satunya yang telah dilaksanakan adalah program Restorasi Taman Konservasi Kadubeureum yang berlokasi di Desa Pasir Ceuri, Desa Kadubeureum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

    Konsep dasarnya adalah perusahaan akan membayar (willingness to pay) kepada kelompok tani hutan setempat (KTH) yang bersedia menerima pembayaran (willingness to accept) untuk membantu menjaga dan memantau kelestarian Taman Margasatwa Kadubeureum.

    Chandra Asri akan melakukan verifikasi setiap 6 bulan sekali dengan FKDC, DLH Kabupaten Serang, dan BBKSDA SKW 1 Serang.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/08/21/jaga-ekosistem-lingkungan-langkah-chandra-asri-diapresiasi-daerah