JakLingko Berlakukan Tarif Lebih Terjangkau Mulai Maret 2022

    JakLingko akan meluncurkan kartu transportasi (smart card) dan aplikasi mobile.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anak usaha BUMD DKI Jakarta, PT Jak Lingko Indonesia, akan menerapkan tarif integrasi transportasi antarmoda yang lebih terjangkau bagi masyarakat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mulai Maret 2022. Direktur Utama PT Jak Lingko Indonesia, Muhamad Kamaluddin menjelaskan, tarif integrasi dengan harga terjangkau berlaku untuk penggunaan semua moda transportasi di bawah jaringan Jak Lingko, yakni PT KCI (Kereta Commuter Indonesia), MRT, LRT, dan TransJakarta.

    “Pada Maret 2022, tarif integrasi baru akan mulai diterapkan dan operator transportasi akan terus berkembang sehingga kolaborasi akan lebih luas lagi di luar perusahaan transportasi pemegang saham kami,” kata Kamaluddin dalam webinar virtual, Rabu (28/7). .

    Kamaluddin menjelaskan, sebelum tarif integrasi diterapkan, JakLingko akan meluncurkan kartu transportasi (kartu pintar) dan aplikasi mobile yang dapat digunakan penumpang untuk sistem pembayaran semua moda transportasi pada bulan Agustus. Pada fase satu, pengguna dapat merencanakan, memesan, dan membayar semua moda transportasi dalam satu kartu dan satu aplikasi.

    Kemudian pada tahap kedua yang direncanakan Maret 2022 akan dilaksanakan penerapan tarif integrasi berbasis jarak dengan perhitungan yang lebih terjangkau. Integrasi dan kolaborasi tarif tidak hanya dilakukan pada moda transportasi di bawah jaringan JakLingko, tetapi juga pada “bike sharing” seperti Go-Jek dan Grab, taksi hingga tempat wisata.

    Kamaluddin memastikan integrasi tiket dan tarif JakLingko memudahkan masyarakat untuk melakukan mobilisasi. Selain masyarakat, integrasi ini juga mempertimbangkan keuntungan dari sisi operator angkutan umum karena jumlah penumpang dan pendapatan yang akan meningkat serta pembayaran yang terpusat.

    Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham juga berperan dalam pengurangan subsidi jangka panjang, pengurangan kemacetan, dan peningkatan kualitas udara ibu kota dengan menggunakan angkutan umum massal. menjangkau semua moda transportasi secara cepat dan efektif,” ujarnya.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qwyf1s383/jaklingko-terapkan-tarif-lebih-terjangkau-mulai-maret-2022