Jaksa Agung Selidiki Presiden Brasil Tahu Korupsi Vaksin Covid-19 Tapi Tidak Bertindak

TRIBUNNEWS.COM, BRASILIA – Kantor jaksa agung Brasil mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka sedang menyelidiki Presiden Jair Bolsonara atas dugaan korupsi dalam pembelian vaksin virus corona, tetapi dia tidak mengambil tindakan.

“Dalam pemberitahuan Jumat pagi, Kantor Kejaksaan Agung memberi tahu Mahkamah Agung Federal tentang dimulainya penyelidikan atas peristiwa yang dilaporkan oleh tiga senator, yang secara resmi menuduh presiden melakukan pelanggaran.

Investigasi awal akan berfungsi untuk menentukan apakah akan mengajukan tuntutan terhadap presiden.

Pekan lalu, senat Brasil mendengar tuduhan bahwa kesepakatan untuk membeli vaksin Covaxin India adalah kedok untuk menggelapkan jutaan dolar. Dikatakan bahwa sekutu Bolsonaro berada di balik rencana itu, dan bahwa presiden tahu semua tentang itu.

Seorang pejabat kementerian kesehatan bersaksi bahwa atasannya telah memberikan tekanan “tidak biasa, berlebihan” padanya untuk menyetujui pembayaran untuk kesepakatan itu, yang ia curigai ditagih berlebihan.

Baca juga: Tangani Kekacauan Covid-19 di Brasil, Mantan Presiden Sebut Kebijakan Jair Bolsonaro Bodoh

Baca juga: Presiden Brasil Jair Bolsonaro Meminta Untuk Menghentikan Jarak Sosial: Covid-19 Akan Berlanjut Seumur Hidup

Pejabat dan saudaranya Luis Miranda, yang dekat dengan Bolsonaro, mengatakan mereka membawa masalah ini ke presiden, tetapi dia tidak mengambil tindakan.

Menyusul tuduhan ini, tiga senator Brasil pada hari Senin secara resmi mengatakan kepada Mahkamah Agung bahwa Bolsonaro telah melakukan penyimpangan.

Jaksa Agung Augusto Aras, yang tugasnya memutuskan apakah akan mengajukan tuntutan, adalah sekutu presiden, seperti juga wakilnya, Humberto Jacques de Medeiros.

Medeiros telah meminta Mahkamah Agung untuk menolak permintaan para senator, tetapi ditolak oleh hakim Rosa Weber, yang mengatakan kantor jaksa agung tidak bisa menjadi penonton dari tindakan kekuasaan republik.

Hal ini memaksa Madeiros untuk mengajukan permohonan izin ke Mahkamah Agung untuk mencari informasi tentang kasus tersebut dan pada akhirnya menyerahkan bukti yang dikumpulkan oleh badan peradilan dan legislatif lainnya.

Baca juga: Jair Bolsonaro tertangkap kamera mengancam akan meninju wajah reporter ketika ditanya tentang dugaan korupsi dalam keluarganya

Baca juga: Sering Meremehkan Covid-19, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Akhirnya Jatuh Juga



https://www.tribunnews.com/internasional/2021/07/03/kejaksaan-agung-selidiki-presiden-brasil-mengetahui-korupsi-vaksin-covid-19-namun-tidak-bertindak