Jalur Kereta UEA-Saudi 139 Km Selesai

    UEA memiliki proyek kereta api nasional sepanjang 1.200 kilometer.

    REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI — Kereta pertama akan menghubungkan Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi. Jalur kereta api membentang sepanjang 139 kilometer.

    UEA memiliki proyek pembangunan jalur kereta api nasional sepanjang 1.200 kilometer. Megaproyek ini diluncurkan oleh Etihad Rail sebagai perusahaan jaringan kereta api nasional UEA. Menurut Etihad Rail, mereka telah menyelesaikan pekerjaan pada paket pertama dari proyek fase kedua yang mencakup jalur yang baru saja diresmikan yang menghubungkan melalui Al Ghuwaifa di perbatasan Arab.

    Selain menghubungkan tujuh emirat UEA, proyek kereta api nasional juga bertujuan untuk menghubungkan negara itu dengan tetangga Teluknya. “Langkah signifikan ini membawa perusahaan lebih dekat untuk menyelesaikan proyek kereta api sepanjang 1.200 kilometer, yang awalnya diperkirakan menelan biaya 40 miliar dirham, sesuai jadwal,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Berita Arab, Kamis (30/9).

    Megaproyek ini didanai oleh Kementerian Keuangan UEA dan Kementerian Keuangan Abu Dhabi. Jalur kereta api ini akan terhubung ke Pelabuhan Jabel Ali, Pelabuhan Khalifa dan Pelabuhan Fujairah serta pusat industri Abu Dhabi, Dubai dan Ras Al Khaimah.

    Kereta ini pertama kali dirancang untuk angkutan barang, disusul kemudian untuk angkutan penumpang. Kereta api ini diharapkan memiliki peran besar bagi UEA untuk mengurangi kemacetan dan jejak karbon.

    https://www.arabnews.com/node/1938331/ Ekonomi-bisnis



    https://www.republika.co.id/berita/r0a0w2366/jalur-kereta-ueasaudi-sepanjang-139-km-selesai