Jawa Barat Pantau Protokol Kesehatan di 108 Tempat Wisata

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat memantau pelaksanaan protokol kesehatan di 108 tempat wisata yang tersebar di 26 kabupaten dan kota di wilayahnya. Ini sebagai upaya pengendalian penularan COVID-19 saat libur Lebaran 2021.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik bersama Kogartap dan Obvit Polda Jabar melakukan pengecekan langsung pelaksanaan protokol kesehatan di Grafika Cikole, The Lodge Maribaya, dan Farmhouse Lembang di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (15). / 5). “Alhamdulillah, Lembang yang tadinya masuk zona merah kini masuk zona oranye. Artinya kita harus antisipasi sejak awal. Diperkirakan Sabtu-Minggu ini akan ada lonjakan kunjungan wisatawan ke tempat wisata di Indonesia. Daerah Lembang, “kata Dedi.

Di kawasan wisata Grafika Cikole, Dedi juga memantau penyumbatan kendaraan yang masuk ke kawasan Bandung. Ia melihat sejumlah kendaraan bermotor berpelat selain D diminta berbalik arah karena pengemudinya tidak membawa dokumen medis yang dipersyaratkan.

“Jadi isolasi ini dilakukan karena ada kekhawatiran akan ada pergerakan mudik ke mudik. Nah, dengan penghapusan mudik juga bisa berimplikasi pada tempat wisata,” ujarnya.

Pemerintah daerah juga memberangkatkan petugas untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan dan mengadakan pelayanan pemeriksaan antigen di Kebun Raya Bogor, Kawasan Wisata Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Jatiluhur Water World, Waterboom Jempol Cirebon, Situ Lengkong Panjalu, Kabupaten Ciamis, Situ Mustika Banjar Kota, Gerbang Utama Pantai Pangandaran, Wisata Tanjung Duriat Jatigede, Kabupaten Sumedang, dan Pantai Tirtamaya, Kabupaten Indramayu.

Berdasarkan hasil pemantauan, sebagian besar objek wisata telah menyediakan sarana dan prasarana pendukung untuk pelaksanaan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu tubuh serta menaati aturan pembatasan jam operasional dan pembatasan jumlah pengunjung. “Yang terpenting di tempat wisata itu disiplin ketat 3M, yakni pakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Dedi.


Source