Jelang Ramadhan, Aman Pasokan Pangan di Tangerang

    Ada yang menaikkan harga tapi tidak signifikan, seperti daging, telur dan ayam.

    REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang memastikan ketersediaan bahan pangan di Kota Tangerang jelang Ramadhan aman. Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat mengunjungi Pasar Anyar pada Jumat (9/4) untuk memantau harga komoditas harian menjelang bulan suci Ramadhan 1442 H.

    “Stok pangan di Kota Tangerang aman menjelang Ramadhan. Diperkirakan hingga Lebaran juga akan aman,” kata Sachrudin, Jumat (9/4).

    Dia mengatakan, saat peninjauan, harga bahan kebutuhan pokok seperti beras, daging, dan cabai diperiksa. Dari hasil peninjauan tersebut, Sachrudin mengatakan tidak ada kebutuhan pokok yang meningkat secara signifikan. “Beberapa harga mengalami kenaikan tapi tidak signifikan, seperti daging, telur, dan ayam,” ujarnya.

    Beberapa komoditas, lanjutnya, justru mengalami penurunan harga. “Seperti harga cabai sebelumnya yang tinggi, sekarang sudah turun menjadi sekitar Rp 80 ribu per kilogram,” ujarnya.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman menambahkan, saat ini stok beras di Kota Tangerang mencukupi, bahkan melimpah. Ini karena petani sedang panen musim ini.

    “Nasi dan daging masih ada meski jumlahnya tidak bisa bertambah banyak karena kalau banyak orang yang tidak membelinya akan bermasalah juga,” ujarnya.

    Selain pengecekan harga komoditas, pengambilan sampel juga dilakukan untuk memastikan produk yang dijual adalah produk halal dan tanpa kandungan formaldehida.




    Source