John Wempi Berbagi Pengalaman Mengikuti Program Kartu Prakerja kepada Menko Airlangga

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Alumni Program Kartu Prakerja, John Wempi Wona (45) membagikan pengalamannya mengikuti program tersebut kepada Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto.

    John menuturkan, setelah lolos gelombang keempat Program Kartu Prakerja, ia mengikuti 7 jenis pelatihan. Diantaranya, sukses penjualan online di marketplace, kursus akuntansi dasar.

    Kemudian, keuangan usaha UMKM, kelas menulis opini online, menguasai teknik bercerita, menulis kreatif, dan cara berbicara di depan umum menggunakan teknik NLP.

    “Satu kelas lagi untuk belajar menjadi MC profesional,” kata John saat temu alumni Kartu Prakerja dengan Airlangga, dalam keterangannya, Sabtu (4/9).

    Baca juga: Kemendagri Minta Pemda Perhatikan Penyesuaian Budaya Kerja

    John mengatakan saat itu pandemi Covid 19 baru saja merebak di Jayapura, dan tidak banyak kegiatan yang bisa ia lakukan.

    “Waktu dan kesempatan saya manfaatkan, habiskan semuanya untuk membeli latihan sampai sisa saldo hanya 18 ribu,” ujarnya.

    Insentif uang tunai yang didapatnya digunakan untuk modal usaha berjualan online di Marketplace dan Media Sosial.

    Ia menjual pakaian, elektronik hingga alat kesehatan.

    Baca juga: Menko Airlangga: Isoter Terapung KM Tidar dan Vaksinasi di Pelabuhan Jayapura Dukung PON XX

    Kini jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, John Wempi berniat melebarkan sayap.

    Dia melihat peluang untuk menjual aksesoris PON secara offline.



    https://www.tribunnews.com/regional/2021/09/04/john-wempi-cerita-pengalaman-ikut-program-kartu-prakerja-ke-menko-airlangga