Jokowi Beri Bintang Pelayanan kepada Ratusan Tenaga Kesehatan yang gugur

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Bintang Jasa Pratama dan Nararya kepada ratusan tenaga medis dan kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19. Selain tenaga medis dan kesehatan, Penghargaan dan Bintang Jasa juga diberikan kepada sejumlah mantan pejabat negara, pengusaha, ilmuwan.

    Penganugerahan penghargaan ini tertuang dalam Perpres Nomor 76, 77, dan 78/TK/TH 2021 yang ditandatangani Jokowi pada 4 Agustus 2021. merupakan bentuk apresiasi kepada para mantan pejabat negara, pengusaha, ilmuwan dan tenaga medis serta tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19,” kata Kepala Biro Gelar, Kehormatan dan Kehormatan Brigjen (Mar) Ludi Prastyono dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/3/2020). siaran pers, Kamis (12/8).

    Dalam acara penyerahan penghargaan tadi pagi, ada 13 perwakilan yang hadir di Istana Negara, mewakili 335 penerima lainnya. Adapun rincian penerima Penghargaan dan Bintang Jasa dari Presiden Jokowi, antara lain:

    Bintang Kehormatan Mahaputera Adipradana diberikan kepada dua penerima:

    1. Almarhum Artidjo Alkostar, Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung periode 2009-2018

    2. Almarhum I Gede Ardika, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2000-2004

    Bintang Kehormatan Mahaputera Utama diberikan kepada satu orang yaitu Antonius Sujata, Ketua Komisi Ombudsman Nasional Indonesia periode 2001-2011.

    Bintang Kehormatan Mahaputera Nararya diberikan kepada dua penerima:

    1. Maradaman Harahap, Anggota Komisi Yudisial Periode 2015-2020, Ketua Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial, Wakil Komisi Yudisial Paruh Kedua Periode 2018-2020

    2. Jacobus Busono, selaku pendiri, pemilik, dan ketua Pura Group

    Bintang Kehormatan Budaya Parama Dharma diberikan kepada penerimanya, almarhum Raden Tumenggung Kusumokesowo, seorang seniman dan pelestari warisan budaya Jawa.

    Penghargaan Bintang Layanan Utama diberikan kepada empat penerima:

    1. Almarhum Rusdi Sufi, akademisi dan pemeliharaan warisan sejarah dan budaya Aceh

    2. Goldammer Johann Georg Andreas, seorang ilmuwan Jerman

    3. Ishadi Sutopo Kartosaputro, Komisaris Transmedia

    4. Eurico Guterres, Ketua Aswa’in Timor Union dan East Timor Fighters Forum

    Penghargaan Bintang Jasa Pratama diberikan kepada dua orang penerima perwakilan dari tenaga medis dan tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19, mewakili 256 penerima lainnya:

    1. Almarhum Adnan Ibrahim, dokter di Puskesmas, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

    2. Almarhum Ngadiah, perawat di RS Dr M Hoesin, Kota Palembang, Sumatera Selatan

    Penghargaan Bintang Jasa Nararya diberikan kepada perwakilan tenaga medis dan kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19, mewakili 66 penerima lainnya yaitu Alm. Soehendro selaku Kepala Bidang Surveilans Epidemiologi Pusat Rekayasa Penyehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit, Kota Surabaya, Jawa Timur.

    https://repjabar.republika.co.id/berita/qxq05g354/jokowi-berikan-bintang-jasa-pada-ratusan-nakes-yang-gugur